fbpx

Sticker barcode produk makanan merupakan hal yang sangat penting. Umumnya, kode ini banyak dikenal ada pada produk makanan. Pengertian barcode sendiri merupakan kumpulan garis dengan ketebalan yang berbeda berdasarkan isi dari kodenya yang bisa terbaca oleh mesin khusus. Kode ini umumnya digunakan untuk kepentingan komersial.

Manfaat dan Kegunaan Sticker Barcode Produk Makanan

manfaat sticker barcode pada produk makanan

Seiring dengan berjalannya waktu, kini kode tersebut semakin beragam dan tak hanya berbentuk kumpulan garis tebal tipis. Keberadaannya menjadi syarat utama yang harus ada pada hasil produksi terutama pangan. Sebagai produsen pangan, Anda harus mencantumkan kode tersebut.

Label pada produk pangan memiliki manfaat serta kegunaan, diantaranya :

1. Sticker Barcode Produk Makanan Meningkatkan Kecepatan Pelayanan

Fungsi yang paling utama ialah untuk mempermudah pelayanan pembayaran di kasir supermarket atau pasar swalayan. Kemasan yang menggunakan sticker tersebut sudah pasti terdaftar dan keasliannya tidak diragukan. Jika tidak terdapat sticker, maka produk tersebut tidak bisa dijual di supermarket atau pasar swalayan lainnya.

2. Sticker Barcode Produk Makanan Meningkatkan Akurasi Data

Berikutnya, adanya barcode pada kemasan merupakan media untuk akurasi data dari pangan tersebut terutama data harga. Selain itu, data yang dimaksud juga meliputi nama serta perusahaan yang menjual pangan tersebut beserta negara asalnya. Data tersebut akan terbaca melalui mesin khusus yang terhubung dengan perangkat komputer.

Kode tersebut sebelumnya akan didaftarkan terlebih dahulu kepada perusahaan atau lembaga khusus. Untuk mendaftarkannya juga diperlukan persyaratan khusus meliputi dokumen perusahaan pemilik pangan tersebut serta sejumlah biaya. Jadi, kemasan yang sudah memiliki label kode tersebut sudah tidak dapat diragukan lagi.

Sticker Barcode untuk Branding dan Meningkatkan Penjualan Produk

sticker barcode makanan meningkatkan penjualan produk

Adanya sticker barcode untuk branding produk makanan menandakan pangan tersebut dikeluarkan oleh perusahaan besar dengan pendapatan yang tidak sedikit. Selain itu, pangan tersebut biasanya sudah tersebar di banyak daerah. Sehingga, jumlah penjualannya pun sudah cukup banyak. Merk tersebut tentu sudah memiliki pelanggannya tersendiri.

Penggunaan label kode ini akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan. Sebab, nantinya pangan tersebut bisa masuk ke pasar retail yang cukup besar. Bahkan penjualannya bisa sampai ke luar negeri. Jika kemasan tidak menggunakan label tersebut pemasarannya cukup terbatas.

Jangkauan penjualannya bukan hanya di daerah lokal saja. Kalaupun ada, produk tersebut akan melalui pemeriksaan yang lama dan ketat karena datanya tidak diketahui dengan pasti. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, maka sebaiknya segera daftarkan hasil produksi perusahaan Anda agar segera mendapatkan barcode.

Jika label kode tersebut sudah didapatkan, maka berikutnya Anda bisa membuat sticker barcode untuk branding produk makanan di perusahaan tertentu. Label tersebut bisa Anda tempel di bagian belakang kemasan. Label ini bisa di tempel pada pangan dengan kemasan yang dibuat sederhana seperti industri rumahan.

Sticker Barcode Mempengaruhi Keputusan Pembelian

sticker barcode produk makanan mempengaruhi pembelian

Label kode tersebut biasanya dijadikan pertimbangan oleh sebagian calon pembeli. Sebagian pembeli yang sangat selektif akan memeriksa sticker barcode ini. Jika tidak ada, maka bisa saja pembeli tersebut tidak jadi membeli walaupun kualitasnya terlihat bagus.

Untuk meningkatkan penjualan hasil pangan yang Anda produksi, maka penggunaan sticker barcode ini cukup efektif bagi Anda. Kualitas yang dimiliki merk tersebut tentu tidak akan diragukan lagi. Pastikan sticker yang dipasang harus benar-benar akurat dan data didalaminya sudah sesuai dan tepat.

Agar mendapatkan sticker barcode produk makanan yang tepat dan cepat, Anda dapat mempercayakan pembuatannya kepada jasa percetakan label sticker PT Galtys Jayanti Mandiri. Anda bisa mendapatkan label yang rapih serta akurat. Anda juga bisa memperoleh hasil yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan.