fbpx

Kode batang (barcode) dibuat dengan menggunakan software untuk desain barcode yang tentunya merupakan program aplikasi yang dirancang khusus untuk pembuatan barcode itu sendiri. Pengertian barcode atau kode batang sendiri diartikan sebagai sebuah kode yang ditampilkan dalam bentuk gambar. Perlu diketahui, kode batang pada umumnya berisi teks numerik atau alfanumerik.

Barcode dan label barcode menjadi salah satu teknologi penting dalam dunia bisnis modern. Dengan menggunakan barcode dan label barcode, para pelaku bisnis dapat memudahkan proses manajemen inventaris dan penjualan produk. Untuk itu, dalam artikel ini akan diulas 6 software program aplikasi pembuatan barcode populer yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. ByteScout BarCode Generator

software untuk desain barcode ByteScout BarCode Generator

Aplikasi gratis (freeware) ini dapat menghasilkan gambar kode batang yang berbeda-beda. Format output gambar pada aplikasi ini mendukung PNG, JPG, GIF, BMP dan GIF. Pada ByteSvout Barcode Generator ini Anda bisa membuat lebih dari 50 jenis kode batang.

Aplikasi pembuat kode batang ini juga menawarkan fitur lain, seperti fitur untuk menambahkan teks pada gambar, mengubah warna dan ukuran gambar, serta fitur menarik lainnya. Fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi tentu akan sangat mudah untuk digunakan.

Klik disini untuk mendapatkan freeware ByteScout BarCode Generator.

2. Free QR Barcode Generator

software untuk desain barcode Free QR Barcode Generator

Software untuk desain barcode yang selanjutnya dan masih termasuk freeware adalah free QR barcode generator. Pembuatan kode batang pada aplikasi bisa menggunakan salah satu dari tiga kategori, yaitu numeric only, alpha numeric dan industry standards.

Pembuatan kode batang pada aplikasi ini memungkinkan Anda sebagai penggunanya untuk mengubah ukuran gambar, memutar gambar serta memasukan teks pada gambar dengan ukuran dan font yang berbeda.

Klik disini untuk mendapatkan Free QR Barcode Generator.

3. Zint Barcode Studio

software untuk desain barcode Zint Barcode Studio

Aplikasi gratis Zint Barcode Studio ini mampu menghasilkan berbagai jenis kode batang atau barcode. Software untuk desain barcode ini juga menyediakan fitur mengubah ukuran gambar untuk beberapa jenis kode batang yang telah dibuat pada aplikasi, seperti QR code, Aztet code, code 128, dan lain sebagainya. Pada aplikasi ini Anda bisa menyimpan gambar kode batang dengan format EPS, PNG dan SVG.

Klik disini untuk mendapatkan Zint Barcode Studio.

4. Software untuk Desain Barcode Dataware

software untuk desain barcode dataware barcode software

Dataware Barcode Software mampu menghasilkan berbagai jenis kode batang dengan beberapa pilihan untuk memasukan teks pada gambar kode batang. Aplikasi ini juga memiliki untuk mengubah ukuran dan memutar gambar, fitur pratinjau gambar, serta mengubah ukuran gambar. Dengan segudang fiturnya, aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup kecil, portabel dan user friendly.

Klik disini untuk mendapatkan Dataware Barcode Software.

5. BarGen

software untuk desain barcode Bargen

Software untuk desain barcode yang selanjutnya adalah BarGen. BarGen merupakan sebuah aplikasi pembuat kode batang berbasis Java yang dapat menghasilkan lebih dari 20 jenis kode batang. Beberapa jenis kode batang yang didukung aplikasi ini adalah UPC, PDF417, Interleaved 2 of 5 dan Postnet. Aplikasi ini juga bisa menyimpan gambar kode batang dalam format PNG, JPG, GIF dan EPS.

Klik disini untuk mendapatkan freeware Bargen.

6. SDR Free Barcode Generator

software untuk desain barcode SDR Free Barcode Generator

Aplikasi ini bisa dibilang sebuah aplikasi yang cukup sederhana untuk pembuatan kode batang. Dengan menggunakan langkah-langkah yang sederhana, Anda bisa mendapatkan kode batang yang Anda inginkan. Aplikasi pembuat kode batang ini dapat menghasilkan sedikitnya 15 jenis kode batang yang berbeda. Selain itu SDR free barcode juga menawarkan fitur preview image.

Klik disini untuk mendapatkan SDR Free Barcode Generator.

Itulah 6 software untuk desain barcode gratis (freeware) yang paling banyak digunakan. Keberadaan aplikasi tersebut terbukti membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya. Perlu diketahui, aplikasi tersebut sudah digunakan oleh beberapa perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan kode batang.

Salah satu perusahaan pembuat kode batang terbaik adalah PT Galtys Jayanti Mandiri. Kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa percetakan label sticker dan pembuatan kode batang yang cukup besar di Indonesia. Kami juga menyediakan jenis label lain yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mengetahui pelayanan terbaik lainnya, segera gunakan jasa yang disediakan PT Galtys Jayanti Mandiri!