fbpx

Bisnis makanan ringan merupakan salah satu jenis usaha yang menawarkan produk makanan yang mudah dibawa dan dimakan kapan saja. Makanan ringan ini bisa ditemukan di berbagai tempat seperti toko-toko, pasar, warung, dll.

Salah satu potensi bisnis dari makanan ringan adalah tingginya permintaan dari konsumen. Makanan ringan merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk memasak makanan. Selain itu, harga makanan ringan yang relatif terjangkau juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tingginya permintaan.

Potensi bisnis lain dari makanan ringan adalah adanya banyak variasi produk. Anda dapat menjual makanan ringan seperti keripik, kacang-kacangan, permen, dll dengan berbagai rasa dan bentuk yang berbeda. Ini membuat konsumen lebih banyak pilihan dan meningkatkan peluang Anda untuk meningkatkan penjualan.

Selain itu, bisnis makanan ringan juga dapat dilakukan dengan skala kecil. Anda dapat memulai bisnis ini dengan modal yang relatif kecil dan mengembangkannya secara bertahap. Anda juga dapat membuat produk makanan ringan sendiri di rumah dan menjualnya dengan harga yang lebih murah daripada produk yang dijual di pasar.

Untuk memulai bisnis makanan ringan, Anda harus memiliki keahlian dalam membuat produk makanan ringan dan mengelola bisnis. Anda juga harus memiliki modal yang cukup untuk membeli bahan baku dan menjalankan promosi.

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda juga harus memiliki kreativitas dalam menciptakan produk yang unik dan menarik agar dapat bersaing di pasar. Anda juga harus memiliki pelayanan yang baik agar dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru.

Secara keseluruhan, bisnis makanan ringan memiliki potensi yang cukup baik. Dengan tingginya permintaan, banyak variasi produk, dan modal yang relatif kecil, bisnis makanan ringan dapat menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang ingin memulai bisnis. Namun, Anda harus memiliki keahlian dan kreativitas yang cukup serta juga pelayanan yang baik agar dapat bersaing dengan usaha sejenis yang telah ada. 

 

Contoh bisnis makanan ringan yang menjanjikan

Beberapa contoh bisnis makanan ringan yang menjanjikan antara lain:

  1. Keripik singkong: keripik singkong merupakan salah satu jenis makanan ringan yang sangat digemari oleh banyak orang. Anda dapat membuat keripik singkong dengan berbagai rasa seperti original, keju, bawang, dll.
  2. Kacang-kacangan: kacang-kacangan seperti kacang mete, kacang tanah, kacang polong dll. dapat diolah menjadi makanan ringan yang menyegarkan dan digemari oleh banyak orang.
  3. Permen: permen juga merupakan jenis makanan ringan yang digemari oleh banyak orang, terutama anak-anak. Anda dapat membuat permen dengan berbagai rasa seperti buah-buahan, coklat, dll.
  4. Keripik pisang: keripik pisang merupakan jenis makanan ringan yang dapat dibuat dengan berbagai rasa dan tekstur. Anda dapat menjual keripik pisang yang diolah dengan bahan-bahan alami tanpa tambahan pengawet.
  5. Kerupuk: kerupuk merupakan makanan ringan yang sangat digemari oleh banyak orang, terutama kerupuk kulit. Anda dapat menjual kerupuk dengan rasa yang berbeda-beda seperti original, keju, seafood, dll.
  6. Kue kering: seperti kue kering selai, kue kering coklat, kue kering nastar, kue kering kastengel, kue kering kacang, dll. 

 

Apa itu makanan ringan kekinian?

Makanan ringan kekinian adalah jenis makanan ringan yang sedang populer dan digemari oleh banyak orang saat ini. Makanan ringan kekinian biasanya ditandai dengan variasi rasa yang unik, bentuk yang menarik, dan presentasi yang atraktif. Makanan ini juga ditujukan untuk konsumen yang menginginkan makanan ringan yang unik dan trendy.

Beberapa contoh makanan ringan kekinian yang banyak ditemukan di pasaran antara lain:

1. Dimsum

Dim sum adalah makanan ringan yang berasal dari kuliner Tionghoa. Dim sum terdiri dari berbagai jenis makanan yang diolah dari tepung terigu, seperti kue, kulit, dan dumpling. Biasanya dim sum disajikan dalam keranjang atau wadah yang ditempatkan dalam trolley yang digerakkan oleh pelayan yang akan menawarkan makanan kepada pelanggan. Dim sum sering disajikan dengan teh panas atau teh hijau.

Dim sum sangat digemari oleh banyak orang karena rasa yang lezat dan variasi menu yang cukup banyak. Selain itu, dim sum juga sering disajikan dalam porsi yang kecil sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang dalam satu porsi.

2. Croffle

Croffle adalah jenis makanan ringan yang merupakan gabungan dari croissant dan waffle. Croffle terbuat dari adonan croissant yang digulung dan digoreng dalam waffle iron sehingga menghasilkan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Croffle dapat dihidangkan dengan berbagai variasi rasa dan saus seperti coklat, keju, maple, dll. Croffle juga dapat dihidangkan dengan berbagai topping seperti buah-buahan, krim, dll.

Croffle merupakan salah satu makanan ringan yang cukup populer di beberapa negara dan sering dijumpai di restoran atau kafe.

3. Roti bakar

Roti bakar adalah jenis makanan yang terbuat dari tepung terigu, gula, telur, susu dan ragi yang dibentuk dan diolah dengan cara dipanggang. Roti bakar memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta aroma yang sedap. Roti bakar dapat dihidangkan dengan berbagai variasi rasa seperti original, coklat, keju, dll. Roti bakar juga dapat dihidangkan dengan berbagai topping seperti mentega, selai, dll.

Roti bakar adalah salah satu makanan pokok yang populer di seluruh dunia dan dijumpai di berbagai negara, baik di restoran, kafe, atau toko roti. Roti bakar juga dapat dibuat dengan berbagai jenis tepung, termasuk tepung gandum, tepung gluten free, dll.

4. Seblak

Seblak adalah jenis makanan yang berasal dari Indonesia, khususnya daerah Jawa Barat. Seblak terbuat dari kerupuk yang dicelupkan dalam kuah yang terdiri dari bahan-bahan seperti daging sapi atau ayam, tauge, bawang merah, bawang putih, cabai, dll. Seblak juga dapat dihidangkan dengan berbagai variasi rasa seperti original, pedas, asam, dll.

Seblak memiliki cita rasa yang unik, gurih dan pedas yang disukai oleh banyak orang. Seblak dapat dijumpai di berbagai tempat seperti warung-warung makan, gerobak yang berjualan di jalanan, dll. Saat ini seblak juga dapat dijumpai di restoran-restoran yang menyajikan cita rasa tradisional Indonesia.

note: Beberapa daerah mungkin memiliki variasi dari resep aslinya, namun pada dasarnya Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk yang dicelupkan dalam kuah dengan bahan-bahan lainnya.

5. Makaroni

Makaroni adalah jenis makanan yang terbuat dari tepung terigu yang diolah menjadi bentuk-bentuk seperti kumpulan pipih atau spiral yang disebut makaroni. Makaroni biasanya dihidangkan dengan saus atau di campur dengan bahan lain seperti daging, sayuran, keju, dll. Makaroni dapat diolah dengan berbagai cara seperti diolah dengan saus tomat, saus krim, dll. Makaroni juga dapat dihidangkan dengan variasi rasa seperti original, keju, ayam, dll.

Makaroni adalah makanan pokok yang populer di seluruh dunia dan dijumpai di berbagai negara, baik di restoran, kafe, atau rumah makan. Makaroni juga dapat dibuat dengan berbagai jenis tepung, termasuk tepung gluten free, tepung gandum, dll.

6. Salad Buah

Salad buah adalah jenis salad yang terdiri dari potongan-potongan buah segar yang dicampur dengan bahan lain seperti yogurt, krim, madu, dll. Salad buah dapat dihidangkan sebagai makanan pembuka, hidangan sampingan, atau sebagai dessert. Salad buah dapat diolah dengan berbagai variasi buah seperti apel, pisang, nanas, strawberry, dll. Salad buah juga dapat diolah dengan variasi rasa seperti asin, asam, manis, dll.

Salad buah adalah makanan ringan yang sehat dan digemari oleh banyak orang karena kandungan vitamin dan serat yang tinggi serta rasa yang segar. Salad buah dapat dijumpai di restoran, kafe, atau rumah makan yang menyajikan menu-menu sehat.

 

Cara memasarkan produk makanan ringan kekinian via online

Untuk memasarkan produk makanan ringan kekinian via online, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  1. Membuat website atau toko online untuk produk makanan ringan Anda.
  2. Menjalankan iklan Facebook dan Instagram untuk meningkatkan jangkauan produk Anda dan menarik lebih banyak pelanggan.
  3. Menggunakan influencer marketing untuk mempromosikan produk Anda kepada target pasar yang sesuai.
  4. Membuat konten menarik di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok untuk memperkenalkan produk Anda dan menarik perhatian pelanggan potensial.
  5. Membuat kampanye email marketing untuk mengirimkan promosi dan update produk ke pelanggan yang sudah pernah membeli atau tertarik dengan produk Anda.
  6. Membuat sistem pemesanan online dan pengiriman untuk mempermudah pelanggan dalam memesan produk Anda.
  7. Mengoptimalkan SEO website dan produk anda di google dan media lain agar mudah ditemukan oleh pelanggan potensial.

Itulah beberapa penjelasan seputar bisnis makanan ringan, untuk anda yang membutuhkan label sticker untuk keperluan bisnis atau produk, anda bisa percayakan produksi label sticker anda pada PT Galtys Label Indonesia. 

 

Hubungi admin kami melalui:

WhatsaApp :  0811-8881-260

Email : admin@galtyslabelsticker.com