fbpx

Label produk saat ini telah menjadi satu hal yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Lantas apakah itu Label Produk? Jenis Label dan Kegunaannya?

Apakah yang dimaksud label produk?

Label produk adalah tanda atau penanda yang terdapat pada produk atau kemasan produk yang memberikan informasi mengenai produk tersebut.

Label produk dapat berisi informasi tentang nama produk, merek, bahan, jumlah atau ukuran produk, tanggal kadaluarsa, instruksi penggunaan, asal produk, informasi gizi (pada makanan dan minuman), dan informasi lainnya yang relevan.

Tujuan dari label produk adalah untuk memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada konsumen mengenai produk tersebut, sehingga konsumen dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih, membeli, dan menggunakan produk tersebut.

Selain itu, label produk juga berfungsi sebagai sarana promosi dan branding bagi produsen untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk mereka dan membedakan produk mereka dari produk pesaing.

contoh label produk

contoh label produk

Jenis-jenis label produk

Berikut adalah beberapa jenis label produk yang umum ditemukan pada berbagai macam produk:

  1. Label Nama Produk: label ini berisi nama atau merek produk yang ditempatkan pada kemasan atau produk itu sendiri.
  2. Label Deskripsi Produk: label ini memberikan deskripsi atau informasi rinci mengenai produk, seperti bahan atau kandungan produk, ukuran, berat, atau volume.
  3. Label Instruksi Penggunaan: label ini memberikan petunjuk penggunaan produk, termasuk cara penggunaan yang benar, dosis atau pengukuran, dan peringatan jika ada efek samping atau risiko penggunaan produk.
  4. Label Pemberitahuan: label ini memberikan pemberitahuan kepada konsumen mengenai informasi tertentu, seperti tanggal kadaluwarsa, bahan yang sensitif terhadap suhu, atau keamanan produk.
  5. Label Gizi: label ini memberikan informasi tentang kandungan gizi pada produk, seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, dan nutrisi lainnya.
  6. Label Sertifikasi: label ini menunjukkan bahwa produk telah melewati standar atau persyaratan tertentu, seperti label organik, label halal, atau label ramah lingkungan.
  7. Label Promosi: label ini digunakan sebagai sarana promosi untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk, seperti label diskon, label bonus, atau label penjualan.
  8. Label Merek Dagang: label ini berisi merek dagang atau logo produsen untuk membedakan produk mereka dari produk pesaing dan membangun kesetiaan merek dari konsumen.

Setiap jenis label memiliki perannya masing-masing dalam memberikan informasi yang relevan kepada konsumen mengenai produk tersebut.

Apa tujuan dan fungsi label pada produk?

Tujuan dan fungsi label pada produk adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan informasi kepada konsumen: Label pada produk memberikan informasi yang jelas dan akurat mengenai produk, seperti bahan, asal produk, instruksi penggunaan, dan lain-lain. Informasi ini sangat penting bagi konsumen dalam memilih, membeli, dan menggunakan produk dengan benar.
  2. Melindungi konsumen: Label pada produk dapat memberikan peringatan dan informasi mengenai bahaya atau risiko yang terkait dengan penggunaan produk. Dengan demikian, konsumen dapat menghindari bahaya atau risiko tersebut dan melindungi diri mereka sendiri.
  3. Memenuhi peraturan dan persyaratan hukum: Label pada produk harus memenuhi persyaratan dan peraturan hukum yang ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga terkait, seperti label tanggal kadaluwarsa, label bahan kimia berbahaya, dan lain-lain.
  4. Meningkatkan kesadaran merek: Label pada produk dapat berfungsi sebagai sarana branding dan promosi untuk meningkatkan kesadaran merek dan membedakan produk dari produk pesaing.
  5. Memudahkan pelacakan produk: Label pada produk juga dapat memudahkan pelacakan produk, termasuk identifikasi produk, asal produk, tanggal produksi, dan lain-lain.

Dengan demikian, label pada produk memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan informasi dan perlindungan kepada konsumen, memenuhi persyaratan dan peraturan hukum, meningkatkan kesadaran merek, dan memudahkan pelacakan produk.

Contoh label transparan

Contoh label transparan

Bagaimana cara membuat label produk?

Berikut adalah langkah-langkah umum dalam membuat label produk:

  1. Tentukan jenis label yang diperlukan: Pertama, tentukan jenis label yang diperlukan untuk produk tersebut, seperti label merek, label deskripsi produk, label sertifikasi, label gizi, dan lain-lain. Pilihlah jenis label yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan produk.
  2. Pilih ukuran dan bentuk label: Setelah menentukan jenis label, pilih ukuran dan bentuk label yang sesuai dengan kemasan produk atau produk itu sendiri.
  3. Desain label: Buat desain label yang menarik dan informatif. Pastikan desain label mencantumkan informasi yang relevan, seperti nama produk, merek, deskripsi produk, sertifikasi, gizi, dan lain-lain. Gunakan gambar atau grafis yang sesuai untuk memperjelas informasi.
  4. Gunakan software desain grafis: Gunakan software desain grafis, seperti Adobe Illustrator atau CorelDRAW, untuk membuat desain label dengan mudah. Anda dapat menggunakan template label yang sudah tersedia atau membuat desain dari awal.
  5. Cetak label: Setelah selesai membuat desain label, cetak label menggunakan printer yang cocok untuk jenis label yang Anda gunakan. Pastikan label dicetak dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan ukuran dan bentuk label yang dipilih.
  6. Pasang label pada produk: Terakhir, pasang label pada kemasan produk atau produk itu sendiri. Pastikan label ditempatkan dengan rapi dan mudah terbaca oleh konsumen.

Itulah beberapa langkah umum dalam membuat label produk. Namun, perlu diingat bahwa cara membuat label dapat berbeda-beda tergantung pada jenis produk dan persyaratan hukum yang berlaku di setiap negara atau wilayah. Pastikan Anda mengetahui persyaratan hukum dan regulasi terkait dalam membuat label produk.

Aplikasi Android untuk membuat desain label produk

Berikut adalah beberapa aplikasi Android yang dapat digunakan untuk membuat desain label produk:

  1. Canva: Aplikasi ini juga tersedia untuk platform Android. Canva memiliki banyak template label yang dapat disesuaikan dengan mudah dan dapat digunakan oleh pengguna pemula maupun profesional.
  2. Desygner: Aplikasi ini memiliki berbagai fitur desain grafis, termasuk desain label produk. Desygner memiliki banyak template label dan gambar yang dapat disesuaikan dengan mudah.
  3. Adobe Spark Post: Aplikasi ini juga tersedia untuk platform Android. Adobe Spark Post memiliki banyak template label yang dapat disesuaikan dengan mudah dan memungkinkan Anda untuk mengimpor gambar dari galeri foto Anda.
  4. Label Maker & Creator: Aplikasi ini didedikasikan untuk membuat label produk dengan mudah dan cepat. Label Maker & Creator memiliki banyak fitur dan template label yang dapat disesuaikan dengan mudah.
  5. Poster Maker & Flyer Maker: Aplikasi ini memiliki banyak template label yang dapat disesuaikan dengan mudah dan dapat digunakan untuk membuat desain label produk yang menarik.
  6. Canvera: Aplikasi ini mirip dengan Canva, tetapi dirancang khusus untuk pengguna Android. Canvera menyediakan berbagai template label dan desain grafis yang dapat disesuaikan dengan mudah.

Itulah beberapa aplikasi Android yang dapat digunakan untuk membuat desain label produk. Pastikan untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pengalaman Anda dalam desain grafis.

Untuk anda yang membutuhkan jasa atau layanan percetakan label sticker untuk produk dan bisnis anda, anda dapat percayakan pada PT Galtys Label Indonesia