fbpx

Pengertian dan manfaat barcode sangatlah dibutuhkan dalam dunia bisnis. Barcode sendiri adalah sekumpulan kode yang berbentuk garis-garis dan juga spasi. Masing-masing dari garis-garis tersebut memiliki ketebalan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. barcode sangat berguna untuk mencatat data.

Pengertian dan 6 Manfaat Barcode dalam Dunia Bisnis yang Anda Jalankan

apa itu barcode dan manfaatnya

Sejarah barcode pertama kali dikenalkan oleh Norman Joseph Woodland dan juga Bernard Silver yang merupakan mahasiswa Drexel of Technology di tahun 40an. Barcode sendiri bisa digunakan sebagai sarana yang akan mempermudah seseorang dalam melakukan input data dengan cara kerja yang mudah karena otomatis.

Dalam dunia bisnis, barcode memiliki manfaat yang sangat penting. Adapun berbagai manfaat yang ditawarkan dari penggunaan barcode antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Input data menjadi lebih cepat => Melakukan pencatatan dengan barcode tentu tidak memakan waktu yang lama. Alhasil, Anda juga akan menjadi lebih hemat waktu. Selanjutnya, secara tidak langsung memakai barcode juga membantu meningkatkan produktivitas Anda.
  2. Menekan biaya dan waktu => Penggunaan barcode bisa mengurangi penggunaan tenaga kerja manusia. Jadi, sebagai pebisnis, Anda akan memperoleh lebih banyak keuntungan dengan mengeluarkan sedikit modal untuk membuat barcode.
  3. Proses pencatatan barang bisa lebih akurat => Dengan adanya sistem barcode, proses pencatatan produk juga bisa dilakukan secara lebih jelas dan akurat. Tingkat kesalahan tentunya bisa diminimalisir, sehingga menguntungkan bagi para pelaku bisnis yang menggunakannya.
  4. Kinerja manajemen yang bisa lebih ditingkatkan => Dengan adanya barcode, kinerja manajemen akan lebih baik dan bisa dipertanggungjawabkan. Barcode membuat proses pencatatan produk bisa lebih akurat dan hemat waktu.
  5. Kemampuan bersaing dengan kompetitor juga lebih baik => Manfaat yang selanjutnya adalah memiliki kemampuan bersaing dengan kompetitor yang menjadi lebih baik. Dengan teknologi yang canggih ini dan penghitungan yang cepat, pelanggan juga akan merasa nyaman saat berbelanja di tempat Anda.
  6. Memudahkan cek stok => Anda akan lebih cepat mengetahui stok atau ketersediaan barang di toko atau gudang. Hal ini membantu dalam pemantauan kinerja karyawan dan mengetahui perkembangan usaha yang Anda jalankan.

Dengan banyaknya manfaat di atas, maka tidak heran jika barcode dianggap sangat membantu dalam dunia bisnis terutama pada penjualan produk. Jangan sungkan mengeluarkan sedikit modal untuk pembuatan barcode karena teknologi akan akan memberikan lebih banyak manfaat.

Jenis Barcode Reader yang Bisa Anda Manfaatkan

mesin dan alat pembaca barcode

Ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk membawa kode yang terdapat pada barcode, seperti yang berikut ini:

  • Laser barcode scanner => Alat ini menggunakan sinar laser sebagai sumber cahayanya. Biasanya digunakan menggunakan cermin prisma atau bisa juga kaca bolak balik guna melakukan pemindaian laser.
  • Pen type readers => Selanjutnya adalah pen type reader yang bisa digunakan untuk membaca kode dengan cara menempatkannya di ujung pena lalu digeser ke semua bar yang ada. Pen type readers ini akan mengirimkan data ke komputer dalam format data yang sederhana.

Pengertian dan manfaat barcode sangatlah penting dalam dunia perdagangan atau jual beli karena bisa digunakan dalam pencatatan produk supaya lebih akurat dan tentunya cepat.

Untuk mendapatkan barcode yang berkualitas baik dan tahan lama saat digunakan, Anda bisa segera menghubungi jasa percetakan label sticker PT Galtys Jayanti Mandiri. Selain barcode, tersedia juga beragam produk yang lain mulai dari sticker hingga label yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. harga yang kami tawarkan juga ramah di kantong.