fbpx

Memahami pengertian branding merupakan salah satu strategi penting dalam sebuah bisnis. Pada sebuah bisnis perlu disusun strategi-strategi jitu agar bisnis bisa berjalan lancar dan mencapai kesuksesan. Mulai dari strategi pemasaran hingga strategi pelayanan menjadi hal penting yang harus diatur sejak awal pendirian bisnis.

Jika Anda seorang pebisnis, tentu Anda ingin bisnis yang Anda bangun dikenal oleh masyarakat luas tanpa terkecuali. Untuk membuat bisnis Anda sukses di pasaran, Anda harus melakukan berbagai strategi bisnis salah satunya adalah branding atau membangun merek. Berikut ini beberapa ulasan branding yang harus Anda pahami.

Pengertian Branding Lengkap Menurut Para Ahli

pengertian branding menurut para ahli

Untuk membangun merek, Anda harus memahami terlebih dahulu apa makna dari branding itu sendiri. Menurut wikipedia, proses peninggalan jejak melalui cara khusus yang berdampak pada kehidupan konsumen disebut sebagai proses branding. Sedangkan menurut Landa, brand image berarti perkembangan nama dagang atau merek menjadi citra atau karakter serta kredibilitas yang ada di mata konsumen.

Serupa dengan wikipedia dan Landa, Kotler menjelaskan bahwa pengertian branding adalah pemberian simbol, tanda, atau nama ataupun kombinasi dari seluruhnya yang bertujuan untuk mengidentifikasi barang dan membedakannya dari barang milik pesaing.

Sejarah dan Asal Muasal Kata Branding

sejarah dan asal mula branding

Branding berasal dari bahasa Inggris yang mulai digunakan masyarakat Inggris sejak abad ke-19. Masyarakat Inggris kala itu menggunakan istilah burn untuk menandai hewan ternak serta budak-budak yang dimilikinya. Proses penandaan tersebut dilakukan dengan cara memberi cap panas yang terbuat dari besi di tubuh hewan atau budak tersebut.

Istilah burn tersebut kemudian berkembang menjadi kata brand dan mulai banyak digunakan tidak hanya oleh orang Inggris saja namun juga oleh orang Jerman dengan istilah brennen. Istilah brennen yang digunakan di Jerman dan istilah burn yang digunakan di Inggris memiliki makna yang sama dan akhirnya berkembang menjadi istilah brand, kegiatan yang berhubungan dengan brand ini kemudian dikenal dengan istilah branding.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pahami mengenai image bisnis atau yang sering disebut dengan branding. Sama seperti pentingnya memahami pengertian branding dan pengaruhnya dalam sebuah bisnis, Anda juga perlu memahami alasan mengapa strategi bisnis ini sangat penting.

Pentingnya Melakukan Branding

pentingnya melakukan branding

Membangun image bisnis merupakan salah satu aset bisnis yang sangat berharga. Sebuah bisnis yang sudah memiliki nama besar berarti telah berhasil melakukan strategi branding yang dimilikinya.

Anda bisa bayangkan jika Anda memiliki bisnis dengan nama besar tersebut dan bisnis harus dijual, seberapa besar hasil penjualan yang akan Anda terima. Besarnya hasil penjualan bisnis tersebut menunjukkan seberapa besar aset yang dihasilkan dari keberhasilan proses branding.

Salah satu perusahaan yang tidak henti membangun image-nya dengan baik adalah PT Galtys Jayanti Mandiri yang bergerak di bidang jasa percetakan label sticker ternama di Indonesia. Meski telah bergelut di dunia percetakan selama lebih dari 10 tahun, namun galtys masih terus memperluas bisnisnya dengan membangun image yang baik di mata masyarakat. Hal ini dilakukan tidak lain agar galtys menjadi bisnis yang sukses di masyarakat.

Untuk mencapai keberhasilan dari strategi membangun image bisnis tersebut, langkah paling awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memahami pengertian branding secara menyeluruh. Dengan memahami dasar strategi bisnis ini, Anda bisa dengan mudah menyusun strategi bisnis lainnya. Strategi bisnis yang tepat akan membawa Anda pada kesuksesan yang tepat.