fbpx

Manfaat dan fungsi label pada pengertian label dalam kemasan produk berarti sebagai identitas untuk membedakan antara produk satu dengan yang lain. Dengan adanya berbagai jenis label, pelanggan juga akan lebih mudah dalam mencari produk yang mereka inginkan. Pencarian produk juga bisa langsung dilakukan secara cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Keberadaan label memang sangat dibutuhkan dalam dunia pengemasan produk. Dan berikut ini ada beberapa kegunaan dan fungsi label dalam dunia produksi barang entah dalam dunia industri pangan, industri kosmestik, ataupun kecantikan.

1. Manfaat dan Fungsi Label Sebagai Identitas

fungsi labels sebagai identitas produk dan usaha

Manfaat label yang pertama adalah sebagai identitas. Tanpa adanya label, pelanggan akan kesulitan saat ingin membedakan antara satu produk dengan jenis produk yang lain. Mereka harus mencari satu per satu dengan teliti terkait dengan jenis produk yang mereka inginkan.

Berbeda saat suatu produk diberi kejelasan dengan label, maka pelanggan juga akan lebih mudah mengetahui jenis produk yang dicari. Mereka hanya perlu membaca label yang tertera pada kemasan dan membelinya.

Label memiliki manfaat dan fungsi yang sangat penting sebagai identitas dari produk. Label merupakan informasi yang tercetak pada kemasan produk, yang menampilkan berbagai informasi mengenai produk seperti merek, nama produk, varian, tanggal kadaluarsa, bahan yang digunakan, petunjuk penggunaan, dan informasi lainnya.

2. Label untuk Menggambarkan Segala Hal Mengenai Produk

fungsi label menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan produk 1

Manfaat label yang selanjutnya adalah untuk menggambarkan hal mengenai produk yang dijual. Dalam hal ini, label bisa menjelaskan banyak hal terutama siapa pembuatnya, dimana membuatnya, hingga kapan produk tersebut dibuat.

Bukan hanya beberapa hal di atas, namun label juga bisa berguna untuk menjelaskan mengenai bagaimana cara penggunaan produk. Alhasil, pelanggan yang membeli produk terkait bisa menggunakan produk yang dibelinya secara lebih aman dan juga nyaman.

Informasi mengenai kejelasan penggunaan produk pada label menjadi salah satu cara memberi keterangan kepada pembeli secara lebih praktis dan mudah.

Label merupakan media yang digunakan untuk memberikan informasi kepada konsumen mengenai produk yang ditawarkan. Label digunakan untuk menggambarkan segala hal mengenai produk mulai dari merek, varian, bahan, tanggal kadaluarsa, petunjuk penggunaan, hingga logo dan gambar produk.

Berikut adalah beberapa informasi yang dapat dijelaskan melalui label:

  • Nama produk dan merek
    Label biasanya menampilkan nama produk dan merek atau brand dari produk tersebut. Nama dan merek produk menjadi identitas dari produk tersebut yang dapat membedakan produk dengan produk sejenis yang ditawarkan oleh merek lain.
  • Varian atau jenis produk
    Label juga dapat menunjukkan varian atau jenis produk yang ditawarkan, seperti ukuran, warna, rasa, dan lain sebagainya. Informasi ini membantu konsumen dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.
  • Informasi nutrisi
    Jika produk makanan atau minuman, label juga dapat memberikan informasi nutrisi seperti jumlah kalori, karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Informasi ini membantu konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan pola makan dan kesehatan mereka.
  • Bahan dan bahan tambahan
    Label juga memberikan informasi mengenai bahan-bahan yang digunakan dalam produk, seperti bahan utama dan bahan tambahan. Informasi ini membantu konsumen yang memiliki alergi terhadap bahan tertentu atau yang menghindari konsumsi bahan-bahan tertentu.
  • Tanggal kadaluarsa
    Informasi tanggal kadaluarsa sangat penting untuk produk makanan dan minuman, serta kosmetik dan obat-obatan. Label memberikan informasi yang jelas mengenai tanggal kadaluarsa untuk memastikan keamanan dan kualitas produk yang dikonsumsi.
  • Petunjuk penggunaan
    Label dapat memberikan petunjuk penggunaan atau instruksi penggunaan produk. Petunjuk penggunaan membantu konsumen dalam menggunakan produk dengan benar dan aman.
  • Logo dan gambar produk
    Label juga dapat menampilkan logo dan gambar produk. Logo dan gambar produk membantu konsumen mengenali merek dan produk tersebut dengan lebih mudah.

3. Label untuk Menentukan Kelas Produk

fungsi label sebagai klasifikasi produk

Fungsi dari label yang selanjutnya adalah untuk menentukan kelas dari produk yang dibuat. Dalam hal ini, produsen bisa menargetkan untuk siapa barang tersebut diproduksi. Seperti halnya untuk pembuatan baju, produsen bisa mencantumkan ukuran baju mulai dari S, M, L, hingga XL di baju yang dijual.

Label juga dapat digunakan untuk menentukan kelas produk, yaitu kategori atau jenis produk berdasarkan karakteristiknya. Kelas produk ini dapat membantu konsumen untuk memahami jenis produk yang mereka cari dan membantu produsen dalam memasarkan produk.

Hal ini akan mempermudah bagi pembeli saat harus melakukan pembelian baju sesuai dengan ukuran tubuh masing-masing.

4. Label untuk Mempromosikan Produk Lewat Gambar Menarik

fungsi label mempromosikan produk

Manfaat label yang selanjutnya adalah untuk mempromosikan produk yang dijual melalui gambar menarik. Label bisa dibuat dalam bentuk kata-kata ataupun gambar. Dengan label yang baik berarti anda telah melaksanakan salah satu dari bauran promosi bagi produk anda.

Banyak produsen yang sekarang membuat gambar-gambar menarik untuk label untuk menarik perhatian konsumen. Dalam hal ini, label tersebut juga bisa berperan sebagai ciri khas dari perusahaan terkait.

5. Label sebagai Sarana untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan

manfaat dan fungsi label sebagai sarana komunikasi produk dengan pembeli

Manfaat label yang selanjutnya adalah sebagai salah satu sarana untuk berkomunikasi kepada para pelanggan. Tidak semua pembeli mengerti dan paham mengenai seluk beluk produk yang dijual. Dengan adanya label, konsumen bisa mengetahui hal penting yang tidak kasat mata atau diketahui secara fisik.

Hal ini tentu cukup menguntungkan karena penjual tidak perlu bertemu secara langsung dengan para pelanggan untuk menjelaskan beragam hal mengenai produk yang ia jual.

Dengan banyaknya manfaat dan fungsi label pada produk, maka tidak heran jika para produsen produk berlomba-lomba dalam membuat label yang menarik.

Bagi Anda yang juga merupakan produsen produk, tidak ada salahnya melakukan pemesanan di percetakan label sticker PT Galtys Jayanti Mandiri. Beberapa produk yang kami tawarkan diantaranya ribbon barcode, hangtag, size label, roll sticker, label industri, dan label transparan. Produk kami buat secara tepat waktu dan tentunya dengan harga yang bersahabat.