fbpx

Pengertian label thermal

Label thermal adalah jenis label yang menggunakan tinta termal sebagai media pencetakannya. Label thermal terbuat dari bahan kertas atau film yang memiliki lapisan tinta termal di bagian belakangnya.

Ketika label thermal dipasang pada printer yang telah diatur dengan suhu yang tepat, tinta termal akan mencair dan menempel pada permukaan label.

Label thermal biasanya digunakan untuk mencetak label yang membutuhkan tingkat keakuratan tinggi, seperti label barcode atau label shipping. Label thermal juga tahan terhadap panas dan air, sehingga cocok untuk penggunaan di lingkungan yang keras.

Kelebihan label thermal adalah kecepatan cetak yang tinggi, karena tidak perlu menunggu tinta mengering seperti label yang menggunakan tinta cair. Selain itu, label thermal juga lebih hemat karena tidak perlu mengganti tinta secara terus-menerus. Namun, kekurangan label thermal adalah harga yang relatif lebih mahal dibandingkan label yang menggunakan tinta cair.

Label Thermal

Apa itu Printer Thermal

Printer thermal adalah jenis printer yang menggunakan tinta termal sebagai media pencetakannya. Printer thermal terdiri dari head cetak yang terbuat dari plat logam yang dilapisi dengan ink-coated resistor. Ketika head cetak dipanaskan dengan suhu yang tepat, tinta termal akan mencair dan menempel pada kertas atau film yang melewati head cetak tersebut.

Printer thermal biasanya digunakan untuk mencetak label yang membutuhkan tingkat keakuratan tinggi, seperti label barcode atau label shipping. Printer thermal juga tahan terhadap panas dan air, sehingga cocok untuk penggunaan di lingkungan yang keras.

printer thermal

Kelebihan printer thermal

Berikut ini beberapa kelebihan printer thermal:

  1. Kecepatan cetak yang tinggi: Printer thermal tidak perlu menunggu tinta mengering seperti printer yang menggunakan tinta cair, sehingga dapat mencetak dengan kecepatan yang tinggi.
  2. Hemat biaya: Printer thermal tidak perlu mengganti tinta secara terus-menerus seperti printer yang menggunakan tinta cair, sehingga dapat menghemat biaya.
  3. Tahan lama: Plat logam yang digunakan pada head cetak printer thermal dapat bertahan lama, sehingga tidak perlu sering diganti seperti pada printer yang menggunakan tinta cair.
  4. Tahan terhadap panas dan air: Printer thermal tahan terhadap panas dan air, sehingga cocok untuk penggunaan di lingkungan yang keras.
  5. Keluaran cetak yang berkualitas tinggi: Printer thermal mampu menghasilkan cetakan yang berkualitas tinggi dengan resolusi yang tinggi.
  6. Tidak mengeluarkan bau: Printer thermal tidak mengeluarkan bau saat mencetak, sehingga tidak mengganggu kesehatan pengguna.
  7. Mudah dalam perawatan: Printer thermal mudah dalam perawatan, tidak perlu mengganti tinta secara terus-menerus seperti printer yang menggunakan tinta cair.

Dengan demikian, printer thermal merupakan pilihan yang baik untuk mencetak label yang membutuhkan tingkat keakuratan tinggi, seperti label barcode atau label shipping.

Keunggulan kertas thermal

Berikut ini beberapa keunggulan kertas thermal:

  1. Tahan lama: Kertas thermal memiliki lapisan tinta termal yang tahan lama, sehingga tidak mudah pudar atau terhapus dengan sendirinya.
  2. Tahan terhadap panas dan air: Kertas thermal tahan terhadap panas dan air, sehingga cocok untuk penggunaan di lingkungan yang keras.
  3. Berkualitas tinggi: Kertas thermal mampu menghasilkan cetakan yang berkualitas tinggi dengan resolusi yang tinggi.
  4. Tidak mengeluarkan bau: Kertas thermal tidak mengeluarkan bau saat mencetak, sehingga tidak mengganggu kesehatan pengguna.
  5. Mudah dalam perawatan: Kertas thermal tidak perlu dilapisi dengan tinta secara terus-menerus seperti kertas yang menggunakan tinta cair, sehingga lebih mudah dalam perawatan.
  6. Hemat biaya: Kertas thermal tidak perlu dilapisi dengan tinta secara terus-menerus seperti kertas yang menggunakan tinta cair, sehingga dapat menghemat biaya.
  7. Dapat digunakan dengan printer thermal: Kertas thermal hanya dapat digunakan dengan printer thermal, sehingga tidak perlu mengganti jenis printer jika ingin menggunakan kertas ini.

Dengan demikian, kertas thermal merupakan pilihan yang baik untuk mencetak label yang membutuhkan tingkat keakuratan tinggi, seperti label barcode atau label shipping. Kertas thermal juga tahan terhadap panas dan air, sehingga cocok untuk penggunaan di lingkungan yang keras.

 

Fungsi dan manfaat label thermal

Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat label thermal:

  1. Menyajikan informasi: dapat digunakan untuk menyajikan informasi tentang produk atau jasa, seperti nama produk, tanggal kadaluarsa, cara penyajian, komposisi bahan, dan lainnya.
  2. Menunjukkan identitas produk: dapat digunakan untuk menunjukkan identitas produk, seperti nama produsen atau merek produk.
  3. Memberikan branding: dapat digunakan untuk memberikan branding bagi produsen dengan menampilkan logo atau desain khas produsen.
  4. Memudahkan proses pencarian: menyajikan informasi yang jelas dan mudah dibaca dapat memudahkan proses pencarian produk atau jasa.
  5. Membantu mengelola persediaan: menyajikan informasi tentang tanggal kadaluarsa atau nomor lot dapat membantu mengelola persediaan produk atau jasa.

 

Label thermal untuk bisnis

Jika Anda memiliki bisnis yang membutuhkan label thermal untuk kemasan produk atau jasa Anda, maka Galtys Label adalah pilihan yang tepat. Kami menawarkan layanan cetak label thermal berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Dengan menggunakan label  dari Galtys Label, Anda dapat memastikan bahwa label yang digunakan untuk kemasan produk atau jasa Anda akan tahan lama, tidak mudah pudar, dan tahan terhadap panas dan air. Selain itu, label sticker yang kami cetak juga memiliki resolusi yang tinggi sehingga informasi yang dicantumkan dapat terbaca dengan jelas.

Jadi, jangan ragu untuk membuat label thermal untuk bisnis Anda di Galtys Label. Kami siap membantu Anda mengelola kemasan produk atau jasa Anda dengan lebih efektif dan efisien. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut tentang layanan cetak label sticker yang kami tawarkan. Hubungi tim admin kami via whatsapp di 0811-8881-260 atau email admin@galtyslabelsticker.com