fbpx

Apa itu Flexografi?

Flexografi adalah proses cetak yang menggunakan plat cetak yang fleksibel yang dipasang pada silinder berputar. 

Ini adalah metode cetak kecepatan tinggi yang cocok untuk mencetak pada berbagai macam material, termasuk kertas, kardus, film, foil, dan substrat tidak poros. Flexografi sering digunakan untuk mencetak material kemasan, seperti kantong, kotak, label, dan karton, serta untuk mencetak surat kabar, majalah, dan produk komersial lainnya.

Keuntungan utama flexografi adalah kemampuannya untuk mencetak pada beragam material, termasuk yang memiliki permukaan yang kasar atau tidak rata. Flexografi juga mampu mencetak dengan kecepatan tinggi dan dapat menghasilkan cetakan dengan kualitas tinggi dan penutup tinta yang baik. Flexografi adalah pilihan yang efektif biaya untuk mencetak volume besar material dan biasanya digunakan di industri kemasan.

flexografi

Sejarah Flexografi

Flexografi, atau cetak flexo, memiliki sejarah yang panjang yang berasal dari abad ke-19. Proses ini awalnya dikembangkan sebagai cara untuk mencetak pada kotak kardus corrugated, yang semakin populer pada saat itu.

Paten pertama untuk mesin cetak flexo diajukan pada tahun 1876 oleh William Lyman, yang bekerja untuk Imperial Paper Box Company di New York. Mesin cetak Lyman menggunakan plat metal fleksibel yang ditekan terhadap roller karet untuk mentransfer tinta ke permukaan cetak. Mesin cetak tersebut sukses dan segera diadopsi oleh perusahaan lain untuk mencetak pada kardus corrugated.

Selama bertahun-tahun, cetak flexo telah berkembang dan terus meningkat. Pada tahun 1930-an, plat fotopolimer dikembangkan, yang memungkinkan cetak resolusi tinggi dan beragam warna. Pada tahun 1980-an, teknologi komputer-ke-plat diintroduksikan, yang merubah industri cetak flexodengan memungkinkan waktu tunggu yang lebih cepat dan cetak yang lebih presisi.

Saat ini, cetak flexo banyak digunakan di industri kemasan dan dikenal karena keversatilan, kecepatan, dan efektivitas biaya. Ini digunakan untuk mencetak pada beragam material, termasuk kertas, kardus, film, foil, dan substrat tidak poros.

 

Mesin Flexografi 

Mesin cetak flexo adalah mesin yang digunakan untuk mencetak pada beragam material, termasuk kertas, kardus, film, foil, dan substrat tidak poros. Ini adalah metode cetak kecepatan tinggi yang biasa digunakan di industri kemasan untuk mencetak label, kantong, kotak, karton, dan material kemasan lainnya.

mesin flexografi

Mesin cetak flexo terdiri dari beberapa komponen utama, di antaranya:

  1. Plat cetak: Cetak flexo menggunakan plat cetak yang fleksibel, yang terbuat dari karet, fotopolimer, atau material lainnya. Plat tersebut dipasang pada silinder cetak dan digunakan untuk mentransfer tinta ke permukaan cetak.
  2. Silinder cetak: Silinder cetak adalah silinder yang dapat berputar yang menahan plat cetak dan berputar untuk mentransfer tinta ke permukaan cetak.
  3. Sistem tinta: Cetak flexo menggunakan sistem tinta roll-to-roll, di mana tinta mentransfer dari rol tinta ke plat cetak kemudian ke permukaan cetak.
  4. Sistem pengeringan: Setelah tinta telah mentransfer ke permukaan cetak, perlu dijemur untuk memastikan bahwa tinta benar-benar mengering dan siap untuk proses selanjutnya atau kemasan. Mesin cetak flexo sering menggunakan lampu UV atau sistem pengeringan udara panas untuk mempercepat proses pengeringan.
  5. Sistem pengolahan web: Sistem pengolahan web bertanggung jawab untuk menyalurkan material melalui mesin cetak dan memastikan bahwa material tersebut teralign dengan baik dan terdaftar dengan plat cetak.
  6. Panel kontrol: Panel kontrol memungkinkan operator untuk mengatur dan mengontrol berbagai pengaturan pada mesin cetak flexo, seperti aliran tinta, kecepatan cetak, dan suhu pengeringan.

 

Kelebihan Mesin Flexo 

Berikut adalah beberapa kelebihan mesin flexografi dibanding mesin cetak lainnya:

  1. Kemampuan mencetak pada beragam material: Mesin flexografi dapat mencetak pada berbagai macam material, termasuk kertas, kardus, film, foil, dan substrat tidak poros. Ini membuat mesin flexografi sangat cocok untuk mencetak kemasan.
  2. Kecepatan cetak tinggi: Mesin flexografi mampu mencetak dengan kecepatan tinggi, yang membuatnya cocok untuk mencetak volume besar material.
  3. Biaya efektif: Mesin flexografi merupakan pilihan yang efektif biaya untuk mencetak volume besar material, terutama dibandingkan dengan metode cetak lainnya seperti offset dan serigrafi.
  4. Hasil cetak berkualitas tinggi: Mesin flexografi dapat menghasilkan cetakan dengan penutup tinta yang baik dan kualitas tinggi.
  5. Pemeliharaan mudah: Mesin flexografi relatif mudah untuk dipelihara dan membutuhkan perawatan yang sedikit.
  6. Kemampuan mencetak warna yang banyak: Mesin flexografi mampu mencetak warna yang banyak, yang membuatnya cocok untuk mencetak desain yang rumit dengan warna yang bervariasi.

 

Kegunaan Mesin Flexo

Mesin flexografi biasanya digunakan untuk mencetak pada beragam material, termasuk kertas, kardus, film, foil, dan substrat tidak poros. Ini sering digunakan di industri kemasan untuk mencetak label, kantong, kotak, karton, dan material kemasan lainnya. Mesin flexografi juga sering digunakan untuk mencetak surat kabar, majalah, dan produk komersial lainnya.

Mesin flexografi dikenal karena keversatilan, kecepatan, dan efektivitas biaya, yang membuatnya cocok untuk mencetak volume besar material. Mesin flexografi juga mampu menghasilkan cetakan dengan penutup tinta yang baik dan kualitas tinggi, yang membuatnya cocok untuk mencetak desain yang rumit dengan warna yang bervariasi.

Mesin flexografi juga mudah dipelihara dan membutuhkan perawatan yang sedikit, yang membuatnya pilihan yang menguntungkan bagi perusahaan yang mencetak material secara teratur.

 

Pabrik Percetakan Label Sticker dan Barcode dengan Mesin Flexo

PT Galtys Label Indonesia merupakan perusahaan yang menyediakan layanan jasa produksi label sticker dan barcode. Perusahaan ini terletak di Tangerang Selatan dan menggunakan teknologi mesin flexo dalam proses produksinya. PT Galtys Label Indonesia menyediakan solusi cetak yang terpercaya bagi berbagai kebutuhan cetak label dan barcode, termasuk label kemasan, label produk, label alat kesehatan, dan label lainnya. Kami memiliki tim yang terlatih dan berpengalaman dalam menangani proyek cetak label dan barcode, serta memiliki fasilitas produksi yang canggih dan terlengkap untuk menghasilkan cetakan berkualitas tinggi. Jika Anda membutuhkan layanan jasa produksi label sticker dan barcode, PT Galtys Label Indonesia merupakan pilihan yang tepat bagi Anda. Hubungi admin kami melalui whatsapp di 0811-8881-260 atau email admin@galtyslabelsticker.com