fbpx

Cetak label dan roll sticker rumah sakit sangat dibutuhkan dalam dunia medis dan pengobatan. Keberadaan manfaat dan fungsi label dalam dunia medis sendiri berguna untuk melakukan identifikasi terhadap pasien hingga identifikasi untuk jenis obat-obatan dan yang lain sebagainya.

Tanpa adanya label, perawat atau petugas medis juga akan kesulitan ketika menandai jenis obat untuk pasien dengan gangguan kesehatan tertentu. Label juga berguna untuk menambahkan riwayat kesehatan para pasien sehingga bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan secara lebih tepat.

Stiker untuk label sendiri dibutuhkan oleh bagian rekam medis, rawat inap, farmasi, hingga radiologi agar perawatan terhadap pasien lebih maksimal. Penempelan sticker label di rumah sakit tentu dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Cetak Label dan Roll Sticker Rumah Sakit Penunjang SIMRS (Sistem Informasi Management Rumah Sakit)

Cetak Label dan Roll Sticker Rumah Sakit Penunjang SIMRS (Sistem Informasi Management Rumah Sakit)

Dewasa ini seluruh Rumah Sakit dan Apotik harus terakreditasi oleh Kementrian Kesehatan. Proses akreditasi tersebut membutuhkan banyak persyaratan administrasi agar data dan pelayanan tertib prosedur. Pada Apotik pun sama , pelabelan obat harus sesuai dengan standarisasi pemerintah.

SIMRS atau Sistem Informasi Management Rumah Sakit adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang dibuat atau disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit dimulai dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien , rekam medis, apotek atau farmasi, gudang farmasi, penagihan, database, personalia, penggajian karyawan, proses akutansi sampai dengan kontrol management.

Setiap Rumah Sakit baik yang kecil maupun yang besar baik negeri maupun swasta sudah menerapkan SIMRS untuk membantu kinerja mereka.

Seiring perkembangan teknologi untuk meningkatkan kinerja dan performa SIMRS dilengkapi dengan teknologi barcode untuk meningkatkan akurasi data dan kecepatan proses input data di dalam SIMRS.

Penerapan barcode di dalam SIMRS membutuhkan label barcode atau sticker barcode agar SIMRS ini berjalan dengan lancar. Karena dalam beberapa fitur SIMRS ada proses pencetakan atau pembuatan barcode pada media label atau sticker. Kelebihan kami adalah dapat menyesuaikan ukuran dan design sticker sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing masing Rumah Sakit.

Produk Sticker Penunjang Medis dan Rumah Sakit

cetak sticker penunjang medis dan rumah sakit

Sticker ini berfungsi untuk identifikasi pasien agar sesuai dengan standar pelayanan kesehatan yang dicanangkan pemerintah ( akreditasi ) dan juga memudahkan petugas kesehatan dalam menganalisa pasien agar tepat diambil tindakan medis .

Pada setiap bagian Rumah Sakit tidak lepas dari penggunaan sticker ini :

  • Radiologi
  • Rekam Medis
  • TU
  • Fisioterapi
  • Farmasi
  • Haemodialisa
  • Poliklinik dan lainya.

Label medis salah satu bentuk dari peralatan identifikasi pasien, hal ini berguna untuk menghindari kesalahan yang dilakukan oleh petugas di setiap Rumah Sakit dan juga dapat berguna untuk kepentingan data atau riwayat kesehatan dimasa yang akan datang.

cetak sticker penunjang medis

Sticker Medis untuk pasien wajib tercantum sekurang-kurangnya 3 hal :

  • Nama Pasien
  • No Rekam Medis
  • Tanggal Lahir

Jenis Material Sticker Rumahsakit dan Medis

jenis material label sticker penunjang medis dan rumah sakit

Material yang umum digunakan untuk sticker rumah sakit berdasarkan karakteristiknya. Kualitas dan daya tahannya sangat beragam tergantung dari spesifikasinya.

1. Sticker Thermal

Label termal terbuat dari bahan dengan lapisan aktif thermo, yang berubah warna bila terkena panas. Label jenis ini tidak memerlukan ribbon sebagai media cetak. Karena lapisan aktif termo yang digunakan pada kertas ini dan dapat berubah warna karena tergantung pada panas (juga sinar matahari) label ini tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang karena label jenis ini hanya bertahan 10-12 bulan.

2. Sticker Semicoated

Semi Coated Label adalah jenis label barcode dengan karakteristik (Coated) pada lapisan paling atas dari label. Lapisan ini berfungsi untuk menutup pori-pori pada label sehingga pada saat pencetakan menggunakan printer barcode, unsur karbon pada ribbon dapat dicetak dengan sempurna.

Lapisan ini juga menyebabkan label terlihat mengkilap dan lebih tahan terhadap cipratan air. Semi coated label bisa dibilang label barcode yang paling ekonomis karena harganya lebih murah dibanding label barcode lainnya. Label ini cocok untuk digunakan dengan jenis ribbon Wax Resine.

3. Sticker Yufo

Label synthetic paper atau Yupo adalah label barcode yang memiliki karakteristik tersendiri dibanding label yang lain, seperti tahan terhadap air, tahan terhadap sinar matahari, dan tidak mudah sobek. Label ini cocok untuk digunakan di luar ruangan (outsite label). label ini cenderung seperti hologram, tapi tidak mengkilap. Mempunyai daya tahan yang sangat bagus terhadap benda asing sehingga Hasil  cetakan pada label ini tidak mudah pudar.

Lem perekat pada stikerpun lebih kuat daripada label semi coated dan Vallum. Ribbon barcode yang cocok untuk digunakan pada label ini adalah excellent ribbon Resine (Wax Resine Ribbon dengan elemen terendah). dengan semua kelebihan label ini cenderung lebih mahal daripada label semi coated dan vallum.

4. Sticker Lainnya

Selain diatas masih ada beberapa jenis sticker diantaranya Sticker Cromo, Sticker HVS, Sticker Vinyl, Sticker Transparant dan sebagainya.

Ribbon STicker Rumah Sakit dan Medis

ribbon label sticker rumah sakit dan medis

Ribbon adalah pemberi warna pada hasil pada hasil cetakan label dimana printer barcode berfungsi memanasi ribbon. Warna pada ribbon (biasanya warna hitam) akan berpindah pada label dan membentuk hasil cetakan tulisan, gambar, atau barcode sesuai design label yang di kehendaki.

Jenis ribbon barcode ada 3 macam : Ribbon wax, Ribbon wax-resin, ribbon barcode full resin.

  • Ribbon Wax : kualitas yang tahan lama, unggul dan kualitas cetak yang sangat baik.
  • Ribbon Wax-Resin : kualitas cetak lebih tahan lama dan tahan goresan.
  • RIbbon Full resin : menghasilkan cetak gambar yang tajam dan sangat tahan terhadap goresan, tahan air serta tahan panas, paling bagus di bandingkan dengan ribbon lainnya.

Kebutuhan Printer Label Barcode Untuk Penunjang Medis

cetak label printing barcode rumahsakit dan medis

Printer label barcode dibutuhkan dalam membantu para petugas medis yang ada di dalam rumah sakit. Pemberian barcode sendiri bisa diberikan kepada tiap pasien yang melakukan perawatan di rumah sakit yang bersangkutan.

Hal ini bertujuan untuk menghindari data yang salah hingga keberadaan data ganda pada pasien. Alhasil, keselamatan dari pasien juga akan meningkat, begitupun dengan kualitas dari rumah sakit yang bersangkutan. Agar label yang diberikan sesuai, pihak petugas sebaiknya memastikan dulu kecocokan data pasien agar terhindar dari kesalahan.

Penggunaan printer label barcode sendiri memiliki beberapa kelebihan mulai dari menghindari human error terkait dengan pemberian obat kepada pasien, pengambilan sampel untuk tes di laboratorium yang lebih akurat, hingga pemberian obat-obatan untuk pasien yang dirawat.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan maka tidak heran jika sticker label untuk rumah sakit sangatlah diperlukan.

Label dan sticker untuk Gelang Identitas Pasien

cetak label sticker gelang pasien rumah sakit

Salah satu bentuk cetak label dan roll sticker rumah sakit yang bisa ditemukan adalah pada gelang pasien. Gelang pasien bisa dijadikan sebagai identitas dari pasien yang bersangkutan. Setiap pasien tentu harus dirawat dengan baik dan benar, berikut juga dengan langkah identifikasi penyakit yang diderita.

Pasien yang menginap di rumah sakit biasanya menggunakan gelang identitas yang memuat beberapa hal penting dari pasien, mulai dari nama dan yang lainnya.m Gelang yang digunakan berperan untuk memberikan peringatan dini pada petugas kesehatan yang datang untuk melakukan pemeriksaan.

Gelang identitas biasanya dibedakan ke dalam beberapa warna yang mengacu pada aturan WHO, JCL, dan juga Kars. Beberapa warna yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  • Abu-abu yang digunakan untuk mengidentifikasi pasien yang tengah menjalani kemoterapi
  • Kuning yang berguna untuk menandai pasien dengan risiko jatuh atau mereka yang membutuhkan pengawasan ekstra
  • Ada juga hijau yang berguna untuk mengidentifikasi pasien dengan alergi latek
  • Ada juga merah mudah yang berguna dalam mengidentifikasi pasien perempuan
  • Sedangkan warna biru adalah untuk mengidentifikasi pasien yang laki-laki
  • Warna merah untuk memberikan tanda jika pasien yang bersangkutan memiliki alergi yang tinggi terhadap obat
  • Sedangkan warna ungu adalah untuk pasien yang memiliki harapan hidup yang rendah
  • Warna putih adalah untuk pasien dengan kondisi kelamin ganda

Penggunaan gelang warna di rumah sakit untuk mengidentifikasi pasien menjadi salah satu langkah praktis dan tentunya mudah dilakukan dalam dunia medis. Lantas kapan gelang pasien bisa dilepaskan?

Pelepasan gelang pasien sendiri bisa dilepaskan ketika pasien akan keluar dari rumah sakit. Proses pelepasan sendiri harus dilakukan oleh petugas yang memiliki kewenangan. Dalam hal ini adalah perawat yang sedang bertugas atau yang bertanggung jawab atas perawatan diri pasien. Gelang pasien bisa dilepas dengan cara digunting.

Untuk gelang yang telah digunting, gelang tersebut bisa dibawa pulang oleh pihak pasien atau bisa juga dibuang. Sedangkan gelang untuk bayi biasanya akan disertakan dengan data mengenai pasien yang bersangkutan.

Selain dilepas karena pasien sudah akan keluar dari rumah sakit, gelang juga bisa bisa dilepaskan ketika mengganggu tindakan prosedur perawatan. Gelang akan dilepaskan sementara saja dan akan digunakan lagi nantinya.

Penggunaan label yang berupa gelang sendiri hanya digunakan untuk mereka yang menginap atau pasien inap, sedangkan untuk pasien rawat jalan tidak harus menggunakan identitas dalam bentuk ini atau sesuai dengan kebijakan rumah sakit.

Sticker Label untuk Puskesmas dan Kegunaannya

cetak label sticker medis untuk puskesmas

Selain rumah sakit, puskesmas juga menggunakan sticker sebagai label identitas yang penting dan harus ada. Dengan adanya label tersebut, petugas kesehatan bisa memberikan jadwal minum obat dalam bentuk sticker dan menempelkannya di bagian kemasan obat.

Jadwal minum obat merupakan salah satu hal penting yang harus diberikan secara teliti sesuai dengan kondisi para pasien. Jadwal tersebut harus ditulis secara hati-hati dan tentunya tidak boleh salah karena bisa berpotensi menggangu kesehatan pasien.

Pada setiap obat yang diresepkan oleh dokter memiliki langkah penggunaan dan juga efek samping yang harus diperhatikan. Bagi para pasien, sebaiknya mengikuti aturan sesuai yang telah dijawadkan oleh petugas kesehatan.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan cara minum atau efek samping yang tidak diinginkan. Dengan langkah penggunaan yang tepat, obat juga bisa bekerja secara maksimal.

Tips Membeli Printer Label untuk Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan Lainnya

printer untuk cetak barcode label rumah sakit

Cetak Label dan Roll Sticker Rumah Sakit sangatlah dibutuhkan sesuai dengan penjelasan di atas. Sticker label umum diletakkan di bagian pendaftaran pasien, laboratorium, hingga radiologi sesuai dengan kebutuhan dari pihak rumah sakit.

Keberadaan label tersebut akan sangat membantu pihak rumah sakit dalam menjaga kondisi pasien supaya tetap sehat dengan melakukan parawatan yang tepat.

Pembelian label tidak boleh dilakukan secara sembarangan apalagi jika label tersebut digunakan sebagai identifikasi bagi para pasien. Dalam hal ini, memasukkan beberapa pertimbangan di bawah ini akan sangat membantu.

  • Menentukan dulu jenis label => Tips membeli atau memesan cetak label yang pertama adalah dengan menentukan jenis label yang ingin dibeli. Jika ingin membeli untuk pembuatan gelang pasien, maka pemesan bisa membeli label yang tidak mudah sobek ataupun rusak. Apalagi jika digunakan dalam jangka panjang.
  • Kualitas dari produknya => Kualitas dari produsen yang menawarkan sticker label juga sebaiknya diperhatikan. Produsen yang baik tentu akan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya. Produk dengan kualitas yang baik menentukan awet tidaknya sticker label tersebut saat digunakan.
  • Testimoni pelanggan => Anda juga bisa mempertimbangkan testimoni dari para pelanggan. produsen yang memiliki website biasanya mempunyai kolom testimoni yang bisa dilihat secara bebas oleh para pelanggan. Semakin banyak pujian yang dilayangkan, maka semakin bagus juga kualitas dari produk yang mereka tawarkan.

Cetak Label dan Roll Sticker Rumah Sakit Murah dan Cepat

sticker label printing sticker

Hingga saat ini telah ada banyak sekali jasa cetak Label dan Roll Sticker Rumah Sakit yang bisa dipilih. Jika ingin mendapatkan yang berkualtas, tidak ada salahnya untuk melakukan pemesanan di percetakan label sticker PT Galtys Jayanti Mandiri. Kami menyediakan beragam jenis sticker untuk berbagai keperluan sesuai dengan kebutuhan.

Sejauh ini telah banyak institusi medis dan Rumah Sakit yang telah menggunakan jasa dan layanan cetak label pada kami. Adapun klien Kami diantaranya :

  • RSUD MAJENANG
  • RSUD AJIBARANG
  • RSUD CILACAP
  • RSUD PURWOKERTO
  • RSU KOTA BANJAR
  • RSI BANJAR NEGARA
  • RSUD PEMALANG
  • RSUD KEBUMEN
  • RSUP SOERADJI
  • RSND SEMARANG