fbpx

Cara membuat barcode penting diketahui oleh mereka yang terjun di dunia jual beli atau produksi suatu barang. Barcode sendiri adalah garis cetak vertikal dengan warna hitam putih yang berguna dalam menyimpan data-data spesifik seperti halnya nomor identitas hingga kode produksi dari suatu produk yang dihasilkan.

6 Cara Membuat Barcode Menggunakan HP

Cara membuat barcode

Salah satu pembuatan barcode yang banyak dilakukan adalah dengan memanfaatkan HP. Meski demikian, Anda harus mengunduh dulu aplikasi yang dibutuhkan dan menginstalnya di ponsel pintar.

Cara mendapatkan aplikasi pembuatan barcode bisa didapatkan di toko aplikasi, termasuk juga Google Play. Adapun beberapa pilihan aplikasi yang bisa digunakan antara lain adalah sebagai berikut:

1. QR Code Reader

Kamu bisa menginstal aplikasi QR Code Reader yang tidak terbatas pada pembuatan jenis kode QR saja. Aplikasi yang satu ini cukup banyak dipilih untuk diunduh di toko aplikasi karena kelebihannya. Adapun kelebihan yang dimaksud adalah memiliki tampilan antarmuka yang ramah hingga pemindaian yang cepat.

Jika tertarik ingin melakukan pengunduhan QR Code Reader, Anda bisa mengunduhnya dengan klik disini. Segera unduh untuk bisa dapatkan beragam kelebihan hingga fiturnya yang menarik.

2. Barcode Generator

Kelebihan dari aplikasi yang satu ini cukup mudah untuk digunakan, sehingga tidak akan terlalu menyulitkan bagi Anda yang juga merupakan seorang pemula. Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh Aeiou dan sudah banyak diunduh melalui Google Play.

Barcode generator menawarkan setidaknya 11 kode barcode yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika tertarik, Anda bisa mengunduhnya dengan klik disini dan memasangnya di perangkat Anda.

3. Barcode Generator Free

Aplikasi yang satu ini menawarkan pembuatan barcode dalam berbagai format yang menarik. Beberapa format yang tersedia antara lain adalah Contact, Share Location, Product, Email, hingga Wifi. Anda juga bisa menggunakannya secara gratis, sehingga tidak membebani kantong.

Tertarik menggunakan Barcode Generator Free? Anda bisa segera mengunduh aplikasi serba guna yang satu ini. Klik disini untuk mengunduhnya dan memasangnya pada perangkat Anda.

4. Code 39

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini hanya mengkhususkan untuk pembuatan jenis barcode code 39 dan bukan jenis yang lain. Tidak kalah dengan aplikasi lainnya, Code 39 membantu Anda dalam membuat barcode secara lebih mudah dan cepat.

Aplikasi Code 39 dibuat dikembangkan oleh pihak developer MIC. Bagi Anda yang tertarik ingin mengunduh aplikasi pembuat barcode ini, Anda bisa klik disini dan memasangnya di perangkat yang Anda miliki.

5. Barcode Architect

Alternatif lainnya yang bisa digunakan dalam pembuatan barcode satu ini menawarkan banyak format yang bisa dipilih. Beberapa diantaranya adalah UPC-A, ISBN, EAN, dan lain sebagainya.

Kelebihan lain yang ditawarkan adalah Anda bisa menyimpan barcode yang sudah dibuat melalui email dalam dalam berbagai format seperti JPG, SVG, atau bisa juga PNG. Kelebihan dari aplikasi ini membuatnya banyak dipilih untuk digunakan. Klik disini untuk mengunduh dan memasangnya di perangkat Anda.

6. Barcode Generator and Scanner – Offline

Kelebihan dari penggunaan aplikasi yang satu ini adalah tidak perlu terhubung dengan internet. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkannya secara lebih mudah kapan saja dan dimana saja meski sedang kehabisan kuota.

Selain kelebihan di atas, kelebihan lain yang ditawarkan adalah ragam format yang bisa dipilih. Untuk mengunduh aplikasi Barcode generator and scanner, Anda bisa lakukan dengan klik disini.

Selain berbagai jenis aplikasi di atas, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai jenis aplikasi menarik lainnya yang tersedia di Google Play. Penggunaan apikasi dari ponsel untuk pembuatan barcode banyak digemai lantaran dianggap lebih mudah dan praktis.

Meski demikian, ragam aplikasi tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Pastikan jika Anda memilih jenis aplikasi sesuai dengan kebutuhan dari pembuatan barcode yang diinginkan.

Cara Membuat Barcode di Laptop

Cara membuat barcode

Selain menggunakan ponsel, Anda juga bisa memanfaatkan laptop untuk pembuatan barcode. Cara membuat barcode dengan laptop sendiri cukup beragam, dimana salah satunya adalah dengan memanfaatkan microsoft Excel. Jika ingin mencobanya, Anda bisa ikuti cara membuat barcode di MS. Excel seperti yang berikut ini :

  1. Cara yang pertama adalah dengan masuk ke link IDautomation.com
  2. Jika sudah, Anda bisa segera memilih menu Font Tools di halaman homepage
  3. Langkah berikutnya adalah dengan mencari menu microsoft Office Macros & VBA for Excel, Access & Word lalu klik tombol download
  4. Anda bisa menyimpan file yang sudah diunduh sebelumnya di komputer, lalu buka untuk diekstrak filenya
  5. Jika langkah di atas selesai dilakukan, Anda bisa membuka Microsoft Excel lalu di bagian Toolbar atas, pilih menu Tools.
  6. Cari menu Macro lalu klik Visual Basic Editor
  7. Klik File yang bisa ditemukan di bagian Toolbar atas lalu pilih menu import file
  8. Buka mesin pencarian untuk melakukan navigasi dari ID Automation yang sudah terunduh, lalu cari file makro bas. Buka file tersebut di browser yang selanjutnya, file tersebut akan ditambahkan di folder Modules excell
  9. Langkah berikutnya adalah dengan keluar dari menu Editor Visual Basic dan kembali di lembar kerja yang kosong
  10. Ketik “=Code128(A1)” di bagian sel B2 lalu tekan Enter
  11. Selanjutnya, masuk ke sel B2 lalu masuk ke pilihan Font dan cari IDE otomatisasi font. Anda bisa memilih salah satunya
  12. Jika sudah, barcode akan segera ditampilkan di sel B2

Selain dengan memanfaatkan Microsoft Excel, Anda juga bisa membuat barcode dengan menggunakan Corel Draw di laptop yang dimiliki. Jika tertarik menggunakan Corel Draw, ada beberapa langkah yang bisa diikuti, seperti yang berikut ini.

  1. Buka dulu CorelDraw yang dimiliki
  2. Jika sudah, Anda bisa membuka lembaran kerja dengan cara menekan CTRL + N
  3. Lalu klik Edit > Insert Barcode
  4. Anda bisa memilih jenis barcode yang diinginkan lalu tulis nomor yang akan dibuatkan barcodenya
  5. Klik Next
  6. Tentukan juga pengaturan sesuai dengan kebutuhan dan klik Next

Cara membuat barcode bisa disesuaikan dengan perangkat yang dimiliki, entah dengan ponsel atau menggunakan laptop. Anda juga bisa menggunakan perangkat iOS, entah Ipad ataupun Iphone dalam membuat barcode yang diinginkan. Menggunakan perangkat yang satu ini, aplikasi yang bisa dimanfaatkan adalah Qrafter.

Cara Membuat Barcode tentunya sangat bermanfaat bagi Anda. Anda juga bisa mengandalkan software alias perangkat lunak pembuatan barcode dari PT Galtys Mandiri. Perangkat lunak yang satu ini akan diberikan sepaket dengan pembelian alat ataupun mesin cetak barcode.

PT Galtys Jayanti Mandiri merupakan salah satu percetakan label sticker dengan bahan berkualitas. Selain menyediakan label barcode, tersedia juga jenis label yang lain sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, kami juga menawarkan label dengan harga yang murah, sehingga lebih hemat untuk Anda. Segera hubungi untuk pemesanan lebih lanjut.