fbpx

Cara cek barcode bisa dilakukan dengan berbagai cara. Barcode sendiri merupakan tanda berupa garis hitam putih yang seringkali digunakan kasir dalam memindai suatu barang. Untuk melakukan pemindaian, seseorang biasanya menggunakan alat tertentu yang disebut juga dengan pembaca barcode alias barcode reader.

Apa itu Barcode?

Barcode adalah sebuah metode representasi data yang menggunakan pola garis-garis vertikal yang berbeda lebar dan jaraknya untuk merepresentasikan informasi seperti nomor identifikasi produk, harga, tanggal kadaluarsa, dan lain sebagainya. Barcode digunakan untuk mengidentifikasi produk pada saat transaksi, seperti saat produk di-scan oleh mesin kasir atau barcode scanner. Barcode terdiri dari kode angka dan/atau huruf yang terbaca oleh alat scanner dan diterjemahkan menjadi informasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti manajemen persediaan, pengiriman barang, dan pelacakan produk. Barcode biasanya terdapat pada kemasan produk atau label, danda beberapa jenis barcode yang berbeda seperti barcode 1D (linear) dan barcode 2D (QR code, Data Matrix, dll.).

 

Apa saja manfaat penggunaan barcode?

Penggunaan barcode memiliki banyak manfaat di berbagai bidang, di antaranya:

  1. Mempercepat proses transaksi di toko atau minimarket. Barcode memungkinkan mesin kasir atau scanner membaca informasi produk secara otomatis, sehingga dapat mempercepat proses transaksi dan menghindari kesalahan input data.
  2. Meningkatkan akurasi data. Dengan menggunakan barcode, informasi produk dapat terbaca secara akurat dan konsisten, menghindari kesalahan input data yang mungkin terjadi jika data diinput secara manual.
  3. Meningkatkan efisiensi manajemen persediaan. Barcode memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan melacak produk dengan mudah dan cepat, sehingga dapat mengoptimalkan pengelolaan persediaan dengan lebih baik.
  4. Memudahkan pelacakan produk dan pengiriman barang. Dengan menggunakan barcode, perusahaan dapat dengan mudah melacak dan mengidentifikasi produk yang diproduksi, dijual, atau dikirimkan.
  5. Memperkuat keamanan produk dan mengurangi risiko pemalsuan. Barcode dapat digunakan sebagai tanda pengenal unik dan memberikan perlindungan terhadap produk palsu atau ilegal.
  6. Meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan menggunakan barcode, pelanggan dapat memperoleh informasi produk dengan mudah dan cepat, membandingkan harga dan fitur produk, serta menghindari produk palsu atau ilegal.
  7. Mempercepat proses inventarisasi. Barcode memungkinkan perusahaan untuk melakukan inventarisasi dengan lebih cepat dan efisien, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Itulah beberapa manfaat penggunaan barcode yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis di berbagai bidang.

 

7 Cara Cek Barcode dengan Aplikasi

Cara mengecek barcode menggunakan aplikasi

Selain menggunakan pembaca barcode, Anda juga bisa memanfaatkan ponsel sebagai salah satu cara dalam membaca barcode secara lebih mudah dan cepat. Meski demikian, Anda membutuhkan aplikasi untuk membantu dalam membaca tanda barcode yang diinginkan. Aplikasi tersebut bisa diunduh dulu melalui toko aplikasi lalu diinstal di ponsel.
UFC fighter Isabela de Padua suspended for two years after testing positive for steroids | MMAWeekly.com buy clomid australia patient influencers in pharma marketing
Bagi Anda yang tertarik ingin membaca barcode dengan memanfaatkan bantuan dari aplikasi, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan ragam aplikasi yang berikut ini :

1. Aplikasi QR Droid Code Scanner

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan dalam melakukan pemindaian terhadap QR Code ataupun barcode. Aplikasi QR Droid Code Scanner bisa didapatkan secara gratis di Google Paly Store. Untuk bisa membaca barcode dari aplikasi ini,  Anda bisa membuka toko aplikasi terkait lalu unduh dulu aplikasinya.

Terdapat beberapa fitur menarik yang bisa digunakan dari aplikasi terkait mulai dari scan, create, settings, tips & tricks, dan lain sebagainya. Anda tinggal gunakan sendiri mana fitur yang sesuai dengan kebutuhan.

Jikapun ingin membaca barcode, maka Anda bisa masuk dulu ke menu Scan. Bisa juga digunakan untuk membuat QR Code sendiri dengan masuk ke menu Create.

Jika tertarik mengunduh aplikasi QR Droid Code Scanner, Anda bisa kunjungi di sini.

2. Aplikasi NeoReader QR & Barcode Scanner

Untuk aplikasi yang satu ini, Anda juga bisa mendapatkannya secara gratis di Google Play Store. Kelebihan dari aplikasi yang satu ini adalah selain bisa digunakan untuk membaca barcode, namun juga bisa digunakan dalam membuat barcode.

Meski demikian, Anda harus mendaftar dulu sebagai pelanggan NeoReader jika ingin melakukan pembuatan barcode. Sedangkan yang gratis, tentu fiturnya lebih terbatas.

Lantas bagaimana cara memindai barcode dengan Neoreader qr & Barcode Scanner yang satu ini? Caranya adalah dengan mendekatkan ponsel pintar dengan barcode yang ingin dibaca. Jika tidak berhasil, Anda juga bisa melakukan pemindaian secara manual dengan cara memasukkan kode barcode yang ada.

Kelebihan lain dari aplikasi yang satu ini adalah dapat digunakan untuk melakukan pemindaian beragam jenis barcode.

Jika tertarik dengan aplikasi yang satu ini, Anda bisa langsung kunjungi halamannya di sini.

3. QR Code Reader

Ada juga aplikasi QR Code Reader yang dikembangkan oleh TWMobile. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk melakukan pemindaian beragam jenis barcode, mulai dari QR Code, EAN8, Code128, Quick Mode, Data Matrix, dan lain sebagainya.

Kelebihan dari aplikasi yang satu ini adalah hemat ruang penyimpanan, sehingga banyak yang tertarik mengunduhnya.

Selain menggunakan yang gratis, Anda juga bisa menikmati aplikasi ini yang versi berbayar dengan keakuratan yang lebih baik serta tanpa iklan. Jika tertarik ingin menggunakan QR Code Reader, Anda bisa mengunduhnya di sini.

4. QR Code Scanner

Aplikasi yang satu ini selain bisa digunakan untuk melakukan pemindaian, namun juga bisa digunakan secara manual. Kelebihan yang ditawarkan adalah, Anda bisa menggunakannya untuk memindai berbagai jenis barcode mulai dari CODABAR, ITF, PDF_471, CODE_128, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Tidak hanya dikhususkan untuk melakukan pemindaian atau membaca barcode, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat berbagai jenis barcode.

Jika tertarik ingin menggunakan jenis aplikasi yang satu ini, Anda bisa langsung dapatkan aplikasinya di sini.

5. Barcode Scanner

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk melakukan pemindaian secara cepat dan tidak terlalu memakan banyak memori. Dengan demikian, penginstalan aplikasi ini tidak akan terlalu menyulitkan bagi mereka dengan memori penyimpanan terbatas. Dengan kelebihan yang ditawarkan, tidak heran jika aplikasi ini banyak diminati.

Barcode Scanner sendiri dikembangkan oleh Zxing dan jika tertarik untuk melakukan pengunduhan, Anda bisa melakukannya di sini.

6. QRbot

Kelebihan dari aplikasi yang satu ini adalah bisa digunakan untuk melakukan pemindaian berbagai jenis barcode. Aplikasi yang satu ini juga memiliki desain yang bagus serta bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan barcode sesuai yang pengguna butuhkan.

Jika tertarik dengan aplikasi yang satu ini, Anda bisa langsung mengunduh aplikasi terkait di sini.

7. Scanlife Barcode & QR Reader

Aplikasi yang satu ini memiliki bisa digunakan untuk memindai berbagai jenis barcode dan kode QR apapun. Aplikasi yang satu ini juga memudahkan para penggunanya untuk mendapatkan infor singkat mengenai produk, mulai dari harga hingga ulasan. Dengan demikian, pengguna bisa membaca ulasan produk secara cepat dan mudah saat belanja.

Penggunaan aplikasi yang satu ini cukup menarik diandalkan dalam pemindaian berbagai produk. jika tertarik ingin mengunduh aplikasi terkait, Anda bisa klik taurannya di sini.

Tiap aplikasi tentu menawarkan berbagai fitur unggulannya masing-masing. Tinggal Anda pilih sendiri aplikasi mana yang sekiranya bisa membantu dalam cara mengecek barcode yang Anda butuhkan.

3 Cara Cek Barcode Tanpa Aplikasi

Cara mengecek barcode tanpa aplikasi

Selain dengan memanfaat berbagai aplikasi di atas, Anda juga bisa melakukan pengecekan dengan mudah tanpa aplikasi. Dalam hal ini, Anda cukup memanfaatkan ponsel pintar dan situs tertentu secara online. tidak perlu khawatir karena cara pemindaian melalui berbagai situr tersebut cukup mudah dan cepat untuk dilakukan.

Jika tertarik melakukan pemindaian dengan masuk ke situs pembaca barcode, berikut ini adalah langkah yang bisa dilakukan.

1. Situs ByteScout Barcode Reader

Anda bisa masuk ke situs ByteScout Reader dengan cara mengakses mesin pencarian terlebih dahulu. Jika sudah, Anda bisa mngizinkan situs terkait untuk melakukan akses kamera ponsel yang Anda miliki. Selanjutnya, arahkan kamera ke barcode yang ingin dibaca. Hasil akan segera muncul di bagian decoding history.

2. Situs Inlite Barcode Reader

Anda bisa mengambil gambar barcode yang ingin dibaca lalu segera buka situs Inlite Barcode reader. Jika sudah, Anda bisa memilih jenis barcode yang hendak dipindai lalu pilih Choose File. Anda bisa mencari atau pilih gambar barcode lalu ketuk tombol Read. Jika sudah, Anda akan segera diarahkan ke hasil pemindaian.

3. Situs Barcode Reader

Ambil gambar barcode dengan kamera lalu masuk ke situs onlinebarvodereader.com dan ketuk menu Choose File. Jika sudah, Anda bisa memilih gambar barcode yang sudah diambil sebelumnya. ketuk tombol start lalu cari tahu hasil pemindaian di bagian kolom content.

Cara cek barcode di atas dapat Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan yang Anda. Kemudahan dalam penggunaannya juga menjadi bahan pertimbangan untuk memilih yang terbaik.

 

Cara cek barcode di iPhone

Berikut adalah cara untuk melakukan scan barcode dengan iPhone:

  1. Pastikan iPhone Anda memiliki kamera belakang yang berfungsi dengan baik. Karena fitur scan barcode memerlukan kamera untuk mengambil gambar barcode.
  2. Buka aplikasi kamera di iPhone Anda.
  3. Arahkan kamera ke barcode yang ingin Anda scan.
  4. Pastikan barcode terletak di dalam kotak persegi panjang yang terlihat pada layar kamera.
  5. Tunggu beberapa detik hingga iPhone Anda mengenali barcode tersebut.
  6. Setelah iPhone Anda berhasil membaca barcode, akan muncul notifikasi untuk menampilkan informasi yang terkait dengan barcode tersebut.
  7. Jika notifikasi tersebut tidak muncul, Anda dapat menekan barcode tersebut dengan jari Anda pada layar kamera dan tahan selama beberapa saat.
  8. Setelah itu, Anda dapat memilih opsi “Search Google for This Image” atau “Open Link” untuk menampilkan informasi lebih lanjut tentang barcode tersebut.

Itulah cara mudah untuk melakukan scan barcode dengan iPhone. Pastikan barcode yang ingin Anda scan terlihat jelas pada layar kamera dan terletak di dalam kotak persegi panjang yang muncul pada aplikasi kamera iPhone.

 

Cara cek barcode dengan Google Assistant

Berikut adalah cara untuk melakukan cek barcode dengan Google Assistant:

  1. Pastikan smartphone Anda telah terpasang aplikasi Google Assistant.
  2. Buka Google Assistant dengan cara menekan dan tahan tombol Home atau mengucapkan “Ok Google”.
  3. Ucapkan perintah “Scan barcode” atau “What’s in this barcode?”.
  4. Pada layar akan muncul notifikasi untuk meminta izin untuk mengakses kamera Anda. Tekan “Allow” untuk memberikan izin.
  5. Arahkan kamera smartphone Anda ke barcode yang ingin Anda cek.
  6. Tunggu beberapa saat hingga Google Assistant berhasil membaca barcode tersebut.
  7. Setelah barcode terbaca, Google Assistant akan menampilkan informasi terkait produk atau barang tersebut.
  8. Jika informasi belum muncul, Anda dapat menekan layar untuk mencoba lagi.
  9. Setelah mengetahui informasi terkait barcode tersebut, Anda dapat memilih opsi “Learn More” untuk menampilkan informasi lebih lanjut atau “Search Google” untuk mencari informasi terkait produk atau barang tersebut.

Itulah cara mudah untuk melakukan cek barcode dengan Google Assistant. Pastikan smartphone Anda telah terpasang aplikasi Google Assistant dan memberikan izin untuk mengakses kamera Anda.

PT Galtys Jayanti Mandiri merupakan jasa percetakan label sticker yang bisa membantu dalam melakukan pembuatan label berkualitas. Kami juga menawarkan harga yang murah untuk tiap pemesanan yang Anda lakukan. Untuk konsultasi atau lanjut ke pemesanan, Anda bisa segera menghubungi kami.