fbpx

Bahan pembuatan hangtag cukup beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Keberadaan hangtag sendiri sudah cukup umum digunakan dalam dunia fashion terutama pada penjualan baju dan pakaian. Pengertian hangtag sendiri sering dianggap sebagai pelengkap yang bisa digunakan terutama untuk menempelkan harga produk hingga pemberi informasi yang lain.

4 Bahan Pembuatan Hangtag yang Umum Digunakan

bahan dan material pembuatan hangtag yang sering digunakan

Pada dasarnya pembuatan hangtag bisa dilakukan dengan berbagai jenis kertas yang berbeda-beda. Berat kertas yang digunakan juga berbeda, sesuai dengan standar yang ingin Anda terapkan sesuai dengan brand maupun kualitas pakaian yang diproduksi. Masing-masing jenis kertas ini pun memilki karakteristik berbeda, seperti halnya dalam warna dan tekstur.

Dalam pembuatan hangtag sendiri, ada beberapa jenis kertas yang biasa digunakan, seperti jenis kertas berikut ini:

  1. Hangtag dari kertas ivory => Salah satu jenis kertas yang banyak digunakan dalam pembuatan hangtag adalah kertas ivory. Jenis kertas yang satu ini memang agak mirip dengan kertas artpaper. Meski demikian, kertas ivory memiliki satu sisi yang bewarna putih cerah dan agak licin. Jenis kertas ini juga memiliki tampilan sedikit mengkilap.
  2. Hangtag dari kertas artpaper => Selanjutnya adalah hangtag yang terbuat dari jenis kertas artpaper. Jenis kertas yang satu ini bisa digunakan dalam pembuatan hangtag yang super tebal. Jenis kertas yang satu ini memiliki daya tahan tinggi dan tentunya lebih awet saat digunakan dan disimpan dalam waktu yang lama.
  3. Glory => Selanjutnya adalah kertas glory yang memiliki kemiripan dengan jenis kertas foto dan memiliki permukaan yang mengkilap. Selain digunakan sebagai kertas untuk hangtag, glory juga digunakan untuk mencetah foto lantaran tampilannya yang cukup mengkilap.
  4. Duplex => Jenis kertas yang satu ini merupakan kertas yang memiliki 2 sisi yang berbeda antara satu dengan yang lain. Salah satu permukaan dari kertas ini memiliki warna putih dan sisi lainnya bewarna abu-abu. Meski demikian, tersedia juga berbagai varian warna dari jenis kertas yang satu ini.

Dengan beragam jenis kertas di atas, tentunya Anda bisa pilih sendiri mana yang sekiranya cocok dijadikan sebagai hangtag untuk jenis produk yang dimiliki. Sesuaikan juga dengan budget yang dimiliki karena beda kertas, beda juga harga yang ditawarkan.

Pemakaian Hangtag untuk Berbagai Produk Pakaian

penggunaan bahan hangtag untuk pakaian

Dalam pembuatan hangtag, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan agar hangtag yang dibuat tentunya memiliki fungsi secara maksimal. Beberapa hal yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  • Digunakan untuk merefleksikan produk => Seperti yang kita tahu, ada begitu banyak jenis pakaian yang beredar. Pastikan jika hangtag tersebut merefleksikan jenis produk yang dijual. Untuk produk anak, bisa menggunakan hangtag dengan warna cerah dan menarik.
  • Memasukkan gambar dalam hangtag => Anda bisa memasukkan gambar dalam hangtag sesuai dengan produk yang dibuat. Dalam hal ini, Anda bisa memberikan gambaran saat produk digunakan secara langsung oleh pelanggan. Produsen juga bisa menggambarkan barang apa saja yang cocok digunakan dengan jenis produk tersebut.

Tips diatas membantu pembuatan hangtag agar bisa berfungsi secara maksimal. Penggunaan hangtag sendiri memiliki banyak fungsi terkait dengan pemberian informasi kepada pelanggan. Untuk memilih tempat pembuatan hangtas terbaik, maka Anda  bisa menjatuhkan pilihan di tempat kami.

Untuk segala jenis hangtag yang Anda inginkan bisa didapatkan dengan  segera menghubungi percetakan label sticker PT Galtys Jayanti Mandiri. Tersedia bahan pembuatan hangtag yang beragam dan tentunya bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan.