fbpx

Bahan dan material pembuatan sticker perlu diketahui untuk membuat sticker yang baik dan berkualitas. Sticker sendiri memiliki banyak manfaat terutama dalam dunia bisnis dan industri. Sticker bisa dijadikan sebagai penanda untuk suatu produk agar berbeda dengan jenis produk yang lain. Alhasil, pembeli juga tidak akan kebingungan saat hendak melakukan pembelian.

Selain sering dipakai pada dunia bisnis atau ditempelkan pada produk, pada umumnya sticker juga banyak digunakan pada kehidupan sehari-hari. Misalnya ditempelkan pada lemari, kendaraan, pintu dan lain sebagainya. Adapun beberapa material pembuatan sticker yang bisa dipilih, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bahan dan Material Pembuatan Sticker dari Classic Paper – HVS

bahan sticker HVS

Sticker label dengan bahan ini akan memiliki permukaan yang tidak mengkilap layaknya permukaan kertas HVS. Jenis sticker dengan bahan ini cocok untuk dicetak di printer dan bisa ditulis dengan pulpen. Meski demikian, sticker ini tidak cocok untuk diaplikasikan untuk keperluan luar ruangan karena mudah menyerap air.

2. Bahan Sticker Thermal Paper – Termal

sticker bahan thermal

Permukaan dari label ini tidaklah mengkilap, namun tidak cocok untuk diterapkan di luar ruangan karena bahannya yang rentan dengan air. Permukaan dengan label yang satu ini juga bisa menghitam saat terkena panas. Umumnya bahan thermal digunakan untuk sticker label barcode.

3. Bahan Sticker Vinyl yang Tahan Lama

bahan material sticker vinyl

Bahan pembuatan sticker yang selanjutnya adalah sticker vinyl. Jenis sticker yang satu ini memiliki daya tahan yang sangat baik, entah itu pada air hingga cuaca panas. Permukaan dari label dengan jenis material ini juga memiliki permukaan yang mengkilat dan cocok untuk digunakan di luar ruangan.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, maka tidak heran jika material yang satu ini banyak digunakan dalam pembuatan sticker.

4. Bahan Sticker Transparant dengan Permuaan Tembus Pandang

bahan material dari sticker transparan

Material pembuatan sticker yang satu ini memiliki permukaan yang tembus pandang dan cocok diaplikasikan pada jenis produk pendingin. Bisa dicetak dalam tinta putih atau full color + white color.

5. Bahan Sticker Timbul baik Untuk Tulisan dan Logo

bahan sticker timbul atau dome

Selanjutnya adalah bahan pembuatan sticker yang berupa sticker timbul atau dome. Meski sama seperti jenis sticker yang lainnya, namun bentuk fisik dari sticker ini akan terasa timbul saat disentuh dengan tangan. Hal ini tidak lepas dari proses pengolahan yang dilakukan.

Setelah sticker yang diinginkan dicetak (print) terlebih dahulu, lalu sticker tersebut akan disiram dengan cairan kimia atau resin seperti halnya karet bening yang akan mengering. Alhasil, gambar atau tulisan yang ada pada sticker bisa segera timbul.

6. Bahan Sticker Cromo yang Licin dan Glossy

material bahan sticker chromo

Adalah sticker cromo yang memiliki bahan pembuatan dari jenis kertas yang licin atau glossy. Jenis yang satu ini cocok untuk dicetak dalam berbagai warna ataupun gambar yang keren hingga lucu. Umumnya, sticker jenis ini digunakan untuk memberikan label pada kampanye pemilu, promosi produk, hingga label di bagian botol.

Kelebihan dari jenis sticker yang satu ini adalah harganya yang lumayan murah, sehingga cocok bagi Anda yang mencari sticker dengan budget terbatas. Sayangnya, jenis sticker ini mudah memudar dan rusak saat terkena air. akan lebih baik jika digunakan untuk benda yang diletakkan di dalam ruangan saja.

7. Bahan dan Material Pembuatan Sticker Yufo yang Tahan Terhadap Air

bahan dan material sticker yufo

Bahan pembuatan sticker yang satu ini memiliki karakteristik yang tahan terhadap air dan sinar matahari. Sticker ini juga tidak mudah sobek. Cenderung mirip dengan hologram, namun tidak mudah mengkilap.

Untuk mendapatkan sticker bagi ragam keperluan, Anda bisa lakukan pemesanan di percetakan label sticker PT Galtys Jayanti Mandiri. Ada berbagai bahan dan material pembuatan sticker yang bisa disesuaikan dengan budget serta kebutuhan. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan, bukan hanya dari segi harga saja yang murah, namun juga proses cetak yang cepat.