fbpx

Apa itu logo perusahaan dan manfaatnya bagi bisnis terutama dalam pemasaran suatu produk? Tiap produk hingga brand memiliki logo yang unik dan mencerminkan bisnis mereka.  Dalam hal ini, pembuatan logo sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar mudah dikenali oleh calon konsumen Anda.

Apa Itu Logo Perusahaan dan Manfaatnya Bagi Usaha Anda

apa itu pengertian logo

Hal pertama yang harus Anda tahu adalah definisi logo. Istilah ini merupakan suatu gambar maupun sekedar sketsa yang memiliki arti tertentu. Karena itulah, logi mewaktili suatu arti dari perusahaan maupun sebuah bisnis, daerah, organisasi maupun produk hingga negara.

Adapun salah satu manfaat dari logo tersebut adalah sebagai branding bagi perusahaan. Logo juga dibuat untuk menjadi pengingat bagi konsumen maupun masyarakat agar ketika melihat logo tersebut, maka akan terasosiasi dengan brand maupun perusahaan yang bersangkutan.

4 Manfaat Logo bagi Sebuah Perusahaan

4 manfaat logo

Dalam hal ini, logo memiliki fungsi untuk memberikan identitas pada produk yang dijual. Dengan demikian, produk dengan logo tersebut bisa dengan mudah dikenali, diingat, dan juga mudah untuk dibedakan dengan jenis produk yang lain. secara lebih detail lagi, manfaat dari logo adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Sarana Informasi

Logo juga bisa digunakan sebagai informasi. Seperti yang Anda tahu, pembuatan logo haruslah cermat. Informasi yang diberikan dari logo bisa berperan sebagai pengendali pandangan ataupun perilaku publik terhadap pemilik brand atau logo tersebut. Logo juga bisa berperan sebagai pengawas serta pengontrol pikiran dari publik.

2. Sarana dalam Pegutaraan Emosi

Manfaat logo yang selanjutnya adalah sebagai pengutaraan emosi. Sebagai contoh adalah saat ada produsen popok atau produk bayi menggunakan logo khusus yang bisa menyampaikan kasih sayang orang tua terhadap bayinya.

Dengan adanya logo tersebut, maka publik juga akan bisa membayangkan kasih sayang seorang ibu yang diberikan kepada anaknya.

3. Sebagai Sarana untuk Memberi Motivasi

Logo juga bisa digunakan sebagai sarana pemberi motivasi. Dalam hal ini, perusahaan bisa membuat logo motivasi yang memang ingin disampaikan kepada konsumennya.

Sebagai contoh adalah perusahaan pasta gigi yang membuat logo mengenai kebersihan gigi. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat senantiasa memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi mereka. Ada juga sabun mandi yang menggunakan logo tertentu untuk membuat masyarakat agar mau hidup sehat dengan mandi secara rutin.

4. Sarana untuk Melakukan Promosi

Manfaat logo yang selanjutnya adalah berguna sebagai sarana dalam melakukan promosi. Perusahaan bisa membuat desain visual yang menarik publik sehingga informasi yang disampaikan bisa dnegan mudah untuk diingat.

Perusahaan juga bisa menggunakan kata yang persuasif agar para pelanggan mau melakukan pembelian. Penggunaan kalimat hingga gambar yang menarik bisa membuat publik tertarik hingga memutuskan untuk membeli produk yang perusahaan terkait jual.

Tips Membuat Logo yang Baik

tips membuat logo yang baik

Lantas bagaimana cara pembuatan maupun pemesanan logo yang terbaik? Pembuatan logo sebaiknya memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  • Mudah diingat => Dalam hal ini, logo sebaiknya mudah untuk diingat. Logo yang unik dan mudah diingat membuat pelanggan akan langsung mengenali perusahaan Anda meallui logo yang dibuat.
  • Penggunaan gambar dan warna yang sesuai => Selain itu perhatikan juga masalah bentuk tulisan, gambar, dan lainnya agar sesuai dengan perusahaan yang direpresentasikan. Hal ini dilakukan agar terjadi penyesuaikan yang baik antara perusahaan dan juga logo yang dibuat.

Apa itu logo perusahaan dan manfaatnya menjadi informasi penting yang harus Anda tahu. Pastikan untuk mempertimbangkan tips di atas agar pembuatan logo bisa sesuai dengan yang diinginkan.

Jasa percetakan label sticker PT Galtys Jayanti Mandiri merupakan jasa pembuatan logo yang siap diajak bekerja sama untuk pembuatan logo yang berkualitas. Kami juga menyediakan beragam bahan menarik yang bisa dipilih sesuai kebutuhan klien.