fbpx

Produk makanan seperti kecap biasanya menggunakan label sticker pada kemasan botolnya. Label sticker memiliki kegunaan untuk memberikan nama brand dan penanda untuk produk. Pada artikel ini akan dibahas seputar bahan label sticker yang bisa anda gunakan pada botol kecap. 

 

Pengertian label sticker

Label sticker merupakan atribut yang terdapat pada kemasan suatu produk yang berfungsi sebagai penanda atau pemberi identitas bagi barang atau produk tertentu. Pada awalnya label digunakan untuk penanda dengan berisikan nama barang atau nama produk. Label sticker biasanya ditempelkan pada bagian luar kemasan dari produk. Saat ini label tidak hanya digunakan untuk penanda identitas semata tetapi juga digunakan untuk keperluan branding dan promosi bagi produk tertentu. Anda bisa memasukkan pesan-pesan khusus yang berisi ajakan atau informasi seputar promosi pada label anda. Selain itu dengan menggunakan label pada produk, produk anda akan memiliki branding dan identitas yang lebih baik. 

 

Label sticker pada botol kecap

Pada produk makanan dan minuman, label adalah atribut produk yang penting, tak terkecuali pada produk kecap botol. Informasi detail seputar produk makanan atau minuman dapat anda cantumkan pada label sticker. Ukuran label sticker pada botol kecap tentunya perlu anda sesuaikan dengan kemasan atau wadah yang digunakan. Pastikan anda telah mengukur ukuran label dengan baik dan proporsional. Selain itu, anda bisa membuat desain label kecap yang menarik agar produk anda memiliki nilai plus di mata calon pelanggan. 

 

Yang perlu dicantumkan pada sticker label kecap

Apa saja hal yang perlu anda cantumkan pada sticker label? 

Umumnya beberapa informasi perlu anda cantumkan pada produk makanan atau minuman. 

 

1. Nama Brand

Nama Brand tentunya sangat perlu untuk dicantumkan karena menentukan identitas dari produk anda. Pastikan nama brand pada label mudah dibaca dan sesuai dengan brand guidelines anda. Tempatkan nama brand pada posisi yang terbaik dan proporsional sehingga label produk dapat membantu menumbuhkan brand awareness di mata pelanggan. 

2. Kegunaan Produk 

Hal berikutnya yang perlu anda cantumkan pada label botol kecap adalah kegunaan produk. Hal ini penting agar produk anda sesuai dengan ekspektasi konsumen. 

3. Gambar pendukung

Anda dapat menambahkan gambar pendukung pada label produk anda. Contohnya pada label kecap, anda bisa menambahkan gambar atau foto kacang kedelai  dll. Tentunya gambar atau foto menyesuaikan dengan kebutuhan produk anda. 

4. Komposisi produk 

Hal penting lainnya yang harus anda cantumkan adalah komposisi produk. Informasi ini sangat penting dicantumkan agar konsumen merasa yakin dan aman ketika membeli produk anda. 

5. Logo Halal MUI

Jika produk anda telah mendapatkan sertifikasi halal MUI, anda bisa mencantumkannya pada label produk kecap anda. 

6. Logo BPOM 

Jika produk anda memiliki sertifikasi BPOM, logo BPOM dapat anda cantumkan pada label untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. 

7. Nama pabrik atau produsen 

Hal lain yang bisa anda cantumkan pada label botol kecap anda adalah nama pabrik atau produsen. 

8. Informasi penting lainnya 

Informasi tambahan lain yang bisa anda cantumkan adalah cara penyimpanan, cara pakai, expired date hingga informasi nilai gizi. 

 

Rekomendasi Bahan label sticker untuk botol kecap

Ada beberapa contoh bahan label sticker botol kecap yang bisa anda gunakan seperti : 

  • Bahan Semicoated 

Umumnya kebanyakan produsen kecap menggunakan sticker berbahan semicoated. Bahan ini terbuat dari kertas dan memiliki daya rekat yang baik dengan botol plastik. Selain itu bahan semicoated memiliki keunggulan di harga yang relatif lebih murah dibanding bahan vinyl atau yupo. Hasil cetak pada bahan semicoated juga mengkilap atau glossy. 

  • Bahan Chromo 

Bahan jenis ini memiliki karakteristik yang mirip dengan bahan semicoated. Perbedaannya hanya pada tampilannya yang doff.

  • Bahan Vinyl 

Bahan vinyl terbuat dari bahan dasar plastik atau polymer. Bahan ini bersifat tahan air dan tidak mudah robek. Selain itu bahan vinyl memiliki tampilan yang glossy.

 

Contoh label sticker pada produk kecap

Berikut ini beberapa contoh label sticker pada produk kecap yang bisa anda jadikan referensi dalam membuat label produk anda.

 

Label botol kecap

Label kecap Pak Tani

 

Desain Label Botol Kecap

Desain Label Kecap

 

Label Sticker Kecap Asin

Label Sticker Kecap Asin

 

 

Label Sticker Kecap Benteng

Label Sticker Kecap Benteng

 

 

Label Sticker Kecap Asin 2

Label Sticker Kecap Asin 2